Wenda20180930B 40:43
*[Pembinaan apa yang masih kurang bagi orang yang berada di alam Wu Se Jie Tian; Harus lebih berhati-hati jika membina diri di tingkat yang semakin tinggi; Selalu menjaga ucapan, pikiran dan perbuatan]*

Telp: Master dulu pernah memberikan wejangan mengenai alam Wu Se Jie Tian adalah sebuah alam khusus, orang yang berada di alam Wu Se Jie Tian itu sama dengan separuh Bodhisattva, bisa pergi mengikut acara dharma Bodhisattva, sehingga orang yang melatih diri di alam Wu Se Jie Tian bisa dengan mudah melewati 6 alam reinkarnasi. Ingin bertanya, apakah orang yang berada di sana, karma dari pikiran perbuatan dan ucapannya sangat sedikit, hanya perlu untuk menyempurnakan perbuatan baik, dan mengikis karma buruk yang lama, kemudian ketika mengikuti acara seminar dharma di langit dan tercerahkan, menunggu ketika pikiran perbuatan dan ucapan dia tidak ada lagi karma baru maka bisa melewati 6 alam reinkarnasi?

Master: Benar, Wu Se Jie Tian sudah mendekati alam surga

Telp: Apa kekurangan orang yang berada di Wu Se Jie Tian dan Bodhisattva?

Master: Wu Se Jie Tian sebenarnya tidak sepenuhnya terlepas dari 6 alam reinkarnasi.

Telp: Kekurangannya terletak dimana sehingga tidak bisa terlepas dari 6 alam reinkarnasi?

Master: Perbedaannya ada di pikiran, dia masih belum sepenuhnya terlepaskan, karena ketika nyawa orang di Wu Se Jie Tian sudah sampai, akan memakan pahala. Karena dia sudah berada di posisi ini dia harus bisa melatih diri untuk naik ke atas lagi, jika tidak bisa dia akan jatuh, jika jatuh dia kemungkinan akan jatuh 3 kali.

Mengapa orang yang berada di Wu Se Jie Tian bisa mencapai setinggi ini, dan melatih diri sangat baik….. sebenarnya karena dia berbuat karma pikiran yang tidak baik, lalu dia menjadi sombong, menghina Buddha, yang artinya itu ada 1 set perbuatan, sebenarnya itu sudah mencapai ke tingkat pikiran dan mentalnya, baru dia akan terjatuh, apakah kamu mengerti? Maksudnya, banyak orang yang melatih diri dengan baik, mereka berbicara mengenai ajaran Dharma tapi menyimpang, jika kamu tidak melatih diri dengan baik, kamu tidak ada kualitas untuk berbicara mengenai ajaran dharma.

Telp: Kalau begitu ketika sudah sampai di Wu Se Jie Tian, mereka terhadap ajaran Dharma masih terdapat penyimpangan, benarkah begitu?

Master: Sudah pasti, banyak yang menyimpang. Pandangan, pendengaran, perasaan mereka semua tidak benar, walaupun permasalahan di pikiran mereka sudah sedikit, mereka merasa mereka memiliki nirwana, sebenarnya itu adalah penyimpangan nirwana.

Telp: Dulu Master pernah menjelaskan, misalnya pandangan tidak benar dan pandangan asusila, apakah jika melatih diri semakin tinggi kedua hal pandangan ini akan makin hebat?
Master: Benar. Saya beri contoh, apa yang dikatakan para penelitian adalah tentang ilmu dan fakta, jika ada satu orang yang bahkan tidak memiliki kualitas itu, darimana datangnya ilmu pengetahuan?

Telp: Berarti ini adalah dua mata pisau, yang terkadang ketika kita mengetahui semakin banyak malah sebenarnya tidak baik untuk kita, apakah bisa diartikan seperti itu?

Master: Benar, langsung masuk neraka.

Telp: Potensi tingkat bahayanya akan menjadi tinggi.

Master: Benar, orang yang melatih diri semakin tinggi itu seperti “setipis es”, harus lebih memperhatikan pikiran perbuatan dan ucapan, kemudian hati pun harus suci/murni. Harus benar-benar suci, tidak boleh ada sedikitpun pikiran yang tidak baik, pandangan tidak baik, baru kamu bisa berdiri tegak di alam Wu Se Jie Tian. Contohnya, jika kamu ingin menjadi seorang profesor, maka kamu harus lulus tes ujian itu, ketika kamu berada di tingkat universitas yang ingin mengikuti tes untuk setingkat professor, dan kamu tidak memiliki kualitas itu, dengan cepat kamu akan turun kembali
Telp: Mengerti

Wenda20180930B 40:43
《无色界的人修出六道还差在哪;越修得高越要如履薄冰,身口意越要好好管住》

问:师父曾经开示过无色界天是一个特区,无色界天的人的就相当于半个菩萨了,可以经常去参加菩萨开的法会,所以无色界天的天人修出六道也比较容易。同修请问,是不是那里的天人身口意造的新业很少了,只是还有待完善,就消一些旧业,然后参加天上的法会开悟了,等到他身口意没有新业的时候就可以超出六道了?

答:对啊,无色界天已经最接近天上了(无色界的天人和菩萨道还差在哪呢?)无色界天实际上还没有彻底脱离六道(是差在哪不能脱离六道呢?)差在意识上面,他还没有完全超脱,因为无色界天的人寿命到了之后,会吃掉一些功德。因为他在天上这个位置,他要么修上去,他不修上去还会掉下来,掉下来可能还会堕落三途。

为什么无色界天的人会到这么高,而且修这么好……实际上他就是意识当中经常犯不好的业,然后他有贡高我慢、谤佛,也就是说自己搞一套,实际上已经到了思维上和精神上的境界,他才会从上面掉下来,你听得懂吗?就是说很多修行修得好的人他才会讲佛法讲得歪掉,如果你修行修得还不够好,他也没有资格去讲佛法(那就是已经到了无色界天,他对佛法的理解有时候还是有偏差的对吗?)不是还是有,肯定啊,很多都偏差的。他见闻觉知都不对,他脑子烦恼虽然是断尽了,他觉得自己证得涅槃了,其实上他是偏的涅槃

(之前师父开示过有一些见解,比如说不正见和邪见,是不是修为越高的时候他这些不正见和邪见反而显示出来越厉害呢?)对了。我举个简单例子,科学家才会讲出来伪科学和正科学,如果一个人连文化水平都没有,哪来的科学?(这个就是双刃剑,有时候知道得越多反而不一定是越好的,这么理解对吗?)对啊,完全正确。我问你,做官好吗?蛮好。犯了错误呢?直接进监狱了(他潜在的危险也

很多)对了,所以越修得高越要如履薄冰,身口意越要好好地管住,而且自己心中要真的无余涅槃。无余涅槃是真涅槃,是很干净的,不能有一点点邪思、邪念、偏见,你在无色界天才能站得住脚。讲句简单的话,你要是真的想做博士,那你一定要考出真水平出来,大学里要准备去考博士的话,你没有真水平,你很快就掉到下面去了(明白)

IMG-20181004-WA0016

https://youtu.be/0RAsGqGHD4U