[Fahui] Singapura 20190512

悟是缘有心则变,情是缘有戒则化。

Memiliki hati untuk berubah agar bisa tercerahkan

Menguraikan perasaan manusia adalah dengan menjaga sila.

恶是缘有慈则消,善是缘有悲则圆。

Menghilangkan Kejahatan dengan menggunakan welas asih,

Menyempurnakan kebaikan dengan menggunakan welas asih.


 

Master Jun Hong Lu

Gan En Da Ci Da Bei Jiu Ku Jiu Nan Guang Da Ling Gan Guan Shi Yin Pu Sa

Gan En Shi Fang San Shi Yi Qie Zhu Fo Pu Sa,
(Terima kasih kepada Buddha Bodhisattva dari 10 penjuru dan 3 masa kehidupan)

Long Tian Hu Fa
(Naga Pelindung Dharma)

Terima kasih kepada para tamu VIP, para biksu, para umat, sukarelawan dari berbagai negara di seluruh dunia, selamat malam kepada kalian semua!

Sebenarnya hari ini ada 3 pintu kebahagiaan.

Pertama, hari ini adalah hari ulang tahun Buddha Sakyamuni, hari kebesaran Buddha Sakyamuni!

Kedua, adalah hari Ibu bagi seluruh ibu di dunia ini, maka ini adalah kebahagiaan yang kedua.

Masih ada kebahagiaan yang ketiga, apakah itu? Karena welas asih dari Guan Shi Yin Pu Sa, hari ini Shifu secara khusus menambahkan satu acara pengangkatan murid, ada 300 nama murid Buddha yang telah ditanam bunga lotus di atas langit, bunga lotus bermekaran.

Berharap kepada para murid sekalian memiliki maiteya, karuna, muditha dan upekkha sebagai dasar, menolong seluruh makhluk hidup sebagai pembalasan balas budi kepada Buddha.

Harus tercerahkan dan memutuskan rantai reinkarnasi.

悟是缘有心则变,情是缘有戒则化。恶是缘有慈则消,善是缘有悲则圆。
感恩大慈大悲救苦救难广大灵感观世音菩萨,感恩十方三世一切诸佛菩萨、龙天护法,感恩各位嘉宾、法师和来自世界各国的佛友们、义工们,大家晚上好!
今天其实是三喜临门。第一,今天是释迦牟尼佛的诞辰日,我们伟大的佛陀的诞辰日!第二,是我们人间的所有母亲的节日,是母亲节,此乃二喜也。还有第三喜是什么?观世音菩萨慈悲,今天师父特别加了一场拜师,有300多名佛子在天上种上了莲花,莲花朵朵开放。希望弟子们慈悲喜舍是为本,救度众生报佛恩。要证悟佛性,永断轮回。

Singapura 20190512


 

Master Jun Hong Lu

Kemewahan di dunia ini tidak bisa dibawa pergi, ketenaran di dunia ini hanyalah sebuah kekosongan.

Karena manusia tidak bisa melihat itu semua, tidak bisa melepaskannya, serakah terhadap dunia ilusi yang memberikan kita segala kekayaan, rasa, nama, makanan dan tidur, yang menghambat jiwa dan penyakit di tubuh kita.

Seoul National University, Korea Selatan menemukan bahwa semakin banyak orang di tempat umum marah tanpa alasan, bahkan menyerang orang lain tanpa alasan yang jelas.

Di korea selatan ada 14,7% orang dewasa yang sering marah, dan juga ketika pengorbanan kita dipandang remeh oleh orang lain, maka akan langsung timbul perasaan dirugikan, yang membuat kemarahan semakin lama semakin tinggi.

Laporan World Health Organization menyebutkan bahwa di seluruh dunia ada 1 Milliar orang yang bermasalah dengan berbagai penyakit mental.

世界的荣华带不走,人间的名利一场空。人就是因为看不破、放不下,贪图这个幻化世界给我们带来的财色名食睡,才造成了我们心灵的障碍和身体的病痛。韩国首尔大学研究发现,现在人们在公共场合无端地发怒甚至无理由地攻击他人的实例越来越多,韩国有14.7%的成年人经常感到重度积愤,而且当自己的付出被别人疏忽的时候,就会产生委屈感,导致心中的积愤越来越重。世界卫生组织报告显示,全世界有10亿人受到精神类疾病的困扰。

Singapura 20190512


 

Master Jun Hong Lu

Segala sesuatu diciptakan dari hati,hidup ini singkat, kita tidak perlu lagi menyimpan rasa kebencian, ketidakadilan dan masalah di dalam hati, dan bahkan sering melukai diri sendiri.

Rasa penyesalan yang sering kita alami hanya akan membuat kita semakin terperangkap akan penderitaan dimasa lalu dan susah untuk keluar darinya.

Disaat seseorang hidup untuk orang lain, menyadari bahwa penderitaan di dunia ini hanyalah sementara, memiliki tujuan hidup, bisa melepaskan, barulah bisa terlepaskan dari penderitaan.

Orang yang bisa terlepaskan dari penderitaan maka dia akan mendapatkan kebahagiaan.

万物唯心造,人生苦短,我们没有必要将憎恨、不平和烦恼留在心中,并时常地伤害自己。我们经常后悔、遗憾,只会让我们自己陷入痛苦的过去,难以自拔。当一个人活着为别人想,知道人间吃苦是暂时的,心中有目标,放得下,才能离开痛苦。能够离开痛苦的人,就能离苦得乐。

Singapura 20190512


 

Master Jun Hong Lu

Kebijaksanaan Bodhi bisa menguraikan semua masalah, memiliki hati yang stabil bisa menyelesaikan masalah yang rumit.

Hati orang yang belajar Dharma harus mengerti untuk bisa melepaskan, tercerahkan, maka selamanya tidak akan membuat diri sendiri menderita.

Percaya dan yakin kepada ajaran Dharma, menghargai untuk berwelas asih, maka tidak akan ada ruang untuk ketakutan, dengan begitu hati kamu akan menjadi tenang.

Ingatlah, penderitaan manusia adalah perubahan dalam lingkungan eksternal kita, sedangkan hati kita terus berubah.

Apa yang orang lain lakukan, apa yang orang lain perlihatkan, apa yang orang lain dengarkan,
Begitu kamu melihatnya, itu akan langsung menjadi masalah buat kamu, kamu akan terluka dan sakit, itu semua karena kamu sudah mendapat pengaruh dari lingkungan luar.

Baik-baiklah melatih hati, dengan begitu secara alami hati akan menjadi tenang.

Orang yang di hari ini masih bisa berpikir untuk melatih hati, orang yang masih bisa bertobat, maka orang ini memiliki kebijaksanaan.

Ini bukanlah sebuah kebanggaan yang harus dipamerkan, tapi adalah sebuah kritalisasi kebijaksanaan.

菩提智慧可以化解烦恼,平和的心态可以解决难题。学佛人的心要懂得放下、看破,永远不会带给自己伤痛。深信佛法,重视慈悲,就会没有容纳恐惧的空间,你的心就会安定。记住了,我们人苦就是苦在外境一变,我们的心就在转变。别人在做什么、看什么、听什么,你一听就会烦恼,就会忧伤,就会悲痛,那是受了外境的影响。好好地修心,自然一切平安。今天还能够想到修心的人,还想到要忏悔的人,这个人就是有智慧的人。这不是一种炫耀,而是一种智慧的结晶。

Singapura 20190512


 

Strategi untuk belajar Dharma adalah harus memiliki hati yang tercerahkan untuk memahami terhadap segala sesuatu yang ada di dunia ini.

Tercerahkan lah, jangan menunggu waktu yang tepat untuk melatih hati, pelatihan tidak bisa ditunda lagi, juga jangan menunggu sampai di kehidupan selanjutnya baru berlatih, kita lah yang harus menciptakan pelatihan untuk merubah kehidupan sekarang.

Agar di kehidupan yang sekarang bisa dilewati dengan kebahagiaan, ini berarti kamu sudah memiliki pondasi untuk menyambut masa depan yang indah.

Oleh karena itu, merubah nasib adalah dimulai dari perubahan dari setiap pikiran kamu, dengan sering memikirkan pikiran baik, maka baru bisa menghentikan pikiran yang buruk.

真正的学佛妙法,就是对世界上的一切要用悟心去理解。开悟吧,修心不能等待,修不是等来的,也不要等到来生再修来生,我们要创造的是改变今生。让今生已经过得精神愉快,说明你已经拥有了未来美好前程的基础。所以,改命运就从改你的每一个念头开始,善念常存者,邪念才会制止。


 

Master Jun Hong Lu

Ada 8 hal yang membuat hidup kita di dunia ini berubah menjadi lemah. Di dalam ajaran Dharma mengajarkan mengenai 8 cara, atau 8 macam yang bisa membuat kita jatuh ke dalam perangkap.

*Pertama, manusia selalu berharap untuk mendapatkan, begitu kamu berharap untuk mendapatkan maka kamu sudah mulai menjadi lemah.*

Coba kalian bayangkan, bukankah kamu seperti itu? Disaat kamu mulai memohon kepada dia, bukankah kamu sudah berubah menjadi lemah? Jika kamu tidak berpikir untuk mendapatkan dia, maka kamu tidak perlu menjadi selemah ini.

*Kedua, kebiasaan buruk manusia adalah tidak ingin kehilangan.*

Banyak ibu yang tidak berharap untuk kehilangan anaknya, maka dia akan berubah menjadi lemah; Tidak ingin kehilangan suami, maka dia pelan-pelan akan menjadi lemah.

*Ketiga, Manusia selalu berharap untuk mendapatkan pujian.*

Disaat seseorang mendapatkan pujian, maka dia akan langsung menjadi bahagia, sebenarnya orang semacam ini adalah orang yang lemah, selama orang lain tidak mengatakan dia baik, maka dia akan menderita, dia tidak tahan akan ujian.

*Keempat, kebiasaan buruk manusia adalah tidak berharap untuk dikritik, dia akan merasa sedih setelah dikritik, ini adalah perangkap untuk manusia.*

Jika tidak ada satupun yang mengatakan keburukan kamu, coba bayangkan, siapa dari kalian yang bisa merubah sifat buruknya?

Sifat buruk kamu yang orang lain tidak ingin katakan, karena jika mengatakan sifat buruk kamu, mereka pasti akan dimarahi balik, hanya Shifu kalian ini yang sepanjang hari mau menjelaskan semua sifat buruk kamu, Shifu tidak takut dimarahi oleh kalian, karena saya sedang menyelamatkan kalian!

*Kelima, perangkap untuk manusia adalah kalian berharap untuk menjadi terkenal.*

Berharap agar semua orang mengetahui ketenaran kamu. Bahkan sampai orang yang membuka bisnis kecil semuanya mengatakan : “Mereka semua mengenal saya yah, mengetahui bahwa toko ini dikenal orang banyak, kamu jangan memandang rendah yah, kami membuka bisnis toko kue, bahkan sampai sebiji wijen pun tak kurang.”

*Keenam, perangkap untuk manusia adalah tidak ingin diabaikan atau direndahkan oleh orang lain.*

Kamu sering melihat banyak orang, yang disaat orang banyak sedang berkumpul, dia akan berusaha untuk menjadi pusat perhatian, begitu dia melihat orang banyak berkumpul dia akan langsung berkata :”Aih, Ayo, kemarilah semua, kita bersama-sama disini, apa kabar kalian semua?”

Dia merasa jika dia tidak seperti itu dan hanya duduk diam di samping, dia akan menderita, merasa banyak orang yang sedang memandang dia.

Ingatlah, Bodhisattva selalu duduk disana dan tidak bergerak sama sekali, tidak hanya kita menghargai Bodhisattva, kita pun masih menyembah Bodhisattva.

*Ketujuh, sifat buruk manusia adalah selalu berharap untuk senang, bahagia, tetapi kalian semua harus mengetahui bahwa ini adalah perangkap.*

Banyak orang yang menggunakan makan, minum dan bermain-main untuk menciptakan kebahagiaan sendiri, tapi seperti yang kita ketahui, kebahagiaan bermula dari dalam hati.

Banyak orang yang seumur hidupnya menjadikan makan, minum dan bermain-main sebagai sebuah kebahagiaan, tetapi setelah semua itu berakhir harus menghadapi penderitaan.

Sedangkan bagi orang yang belajar Dharma, setelah mendengar Dharma, setiap hari membantu orang lain, setiap hari menjadi orang baik, mengetahui bahwa selanjutnya kita akan naik ke atas langit, kita selalu berbahagia dalan Dharma dan ini adalah kebahagiaan yang sesungguhnya!

*Kedelapan, kita ada satu sifat buruk yaitu tidak ingin menderita. Siapapun tidak ingin menderita, sebenarnya ini pun juga adalah sebuah perangkap.*

Karena banyak orang yang tidak ingin bekerja keras, tidak ingin bersusah payah, di masa depan tidak ingin ada banyak penderitaan. Tidak juga.

Sebenarnya jika manusia tidak menderita maka dia tidak akan bisa merubah dirinya sendiri.

Manusia di alam langit, karena mereka terlalu bahagia maka mereka tidak bisa melatih diri dengan baik.

Di alam manusia karena berada diantara penderitaan dan kebahagiaan, maka dari itu orang yang bisa merasakan penderitaan, barulah dia bisa menjadi tekun, barulah dia bisa berhasil melatih diri di satu kehidupak untuk membalas kebaikan Buddha.

Maka dari itu, di dalam ajaran Buddha mengenai 8 cara, ini sangatlah penting.

Kita harus terus mengingatnya dalam hati, jangan malas dan masuk ke dalam perangkap ini.

Pondasi dasar ajaran Dharma adalah menggunakan “8 Cara duniawi”.

Shifu disini menjelaskan kepada kalian mengenai “8 hukum dunia” :

Pertama, Mendapatkan dan kehilangan;

Kedua, kehancuran dan reputasi;

Ketiga, penghinaan dan pujian;

Keempat, kesusahan dan kebahagiaan.

Pertama adalah tentang keuntungan,

kedua adalah tentang kemunduran, kehancuran, reputasi, pujian, penghinaan, kesusahan dan kebahagiaan, ini adalah Dharma yang mengajarkan kita tentang “8 hukum dunia”.

Sekarang saya akan membantu kalian jelaskan mengenai “8 Hukum dunia” ini.
有八件事情会让我们活在这个世界上变得非常软弱。佛法里面讲世间八法,或我们落入的八种陷阱。
第一,人总是希望得到,只要你去希望得到了,你就开始变得软弱了。你想一想是不是这样?你要求他了,你是不是要变得软弱?如果你不想去得到它,你就用不着这么软弱。
第二,人的毛病是不希望失去。很多母亲不希望失去自己的孩子,就变得非常非常软弱;不希望失去自己的先生,慢慢地也会变得软弱。
第三,人希望受到赞美。一个人被别人赞美了,他就非常非常开心,实际上这种人是软弱之人,只要别人不说他好,他就非常难过,经不起考验。
第四,人的毛病是不希望受到批评,因为他觉得受到批评之后,他就难过,这是人的陷阱。如果没有一个人讲你们身上的毛病,你们想一想,你们哪个人会改毛病?别人不会说你们身上的毛病,被人家说毛病,都是要被别人骂的,只有你这个师父整天在讲你们身上的毛病,师父是不怕你们骂,因为我要救你们啊!
第五,人的一个陷阱,是希望自己声名远扬。希望自己的名声这个人也知道、那个人也知道。连在小商店里做一点点小生意的人都说:“他们知道我啊,知道我们这个店很有名,你别小看啊,我们做大饼的生意啊,芝麻一个都不漏的。”
第六,人有一个陷阱,就是不希望默默无闻或受到忽视。所以你看很多人,只要人一多,他就要出风头,一看到人多了马上:“哎,大家来,我们一起来,大家过去好吗?”他好像不站出来,坐在边上默默无闻,就觉得很难过,觉得人家看不起他。记住了,菩萨都是坐在那里如如不动的,我们不但没有看不起菩萨,我们还要拜菩萨呢。
第七,人的毛病是希望开心、快乐,但是你要知道这就是个陷阱。很多人用吃喝玩乐来制造自己的快乐,殊不知,快乐是从内心开始的。很多人一辈子把吃喝玩乐作为一种快乐,但是结束之后就面临着痛苦。而我们学佛人闻到了佛法,天天在帮助别人,天天做善良的人,知道自己以后要上天,我们是法喜充满,那一种才叫真正的快乐!
第八,我们人有一种毛病是不希望痛苦。谁都不希望痛苦,实际上这也是一个陷阱。因为很多人不希望劳动,不希望吃苦,不希望自己未来有很多的痛苦。非也。实际上人不吃苦,他不能改变自己的。在天道的天人,就是因为他们太幸福了,所以他们没有好好地修。人道是基于幸福和痛苦之间,所以能够领会痛苦的人,他才要求精进,才要一世修成报佛恩。
所以佛法界讲的这八法十分重要。我们应该熟记在心,不能经常让自己这种懈怠的心进入这些陷阱当中。
学佛的基础要用“世间八法”。师父告诉大家,世间八法:第一,得与失;第二,毁与誉;第三,讥与称;第四,苦与乐。一就是讲利,二就是衰,毁、誉、称、讥、苦、乐,这就是佛法跟我们讲的“世间八法”。现在帮你们好好地讲一讲,这八种法称之为“世间八法”。