Wenda20180930B 44:36
*[Setelah berhasil disebrangkan sampai ke alam Sukhavati kemudian terjatuh lagi]*

https://youtu.be/7m26N8uDmso

Telp Wanita: Dulu ada sebuah kasus, ada seorang teman seDharma yang berhasil menyebrangi mama-nya sampai ke alam Sukhavati, tetapi dari alam Sukhavati mama-nya terus jatuh sampai ke alam Asura.

Saya ingin bertanya Shifu, apakah kami yang setelah melatih diri di XLFM memiliki kesempatan untuk bisa pergi ke Alam Sukhavati dan melatih diri disana, tetapi jika tingkat pembinaan kita tidak cukup, maka bisa jatuh ke bawah lagi?

Master: Kamu ingat satu kalimat dari saya : Untuk masalah seperti ini, sebenarnya ini sama saja dengan mengambil “PR” (Permanent Residence), dan belum mendapatkan “Kewarganegaraannya”.

Contohnya, orang yang dinaikkan dari aliran XLFM atau orang yang naik ke atas karena menyebut “Amitofo”, mereka belum mendapatkan “Kewarganegaraannya”, hanya baru mendapatkan sebuah “Permanent Residence”, jadi untuk “PR” jika dia tidak melakikannya dengan baik, maka dia akan jatuh.

Telp: Berarti hanya memberikan dia sebuah kesempatan?

Master: Benar.

Telp: Misalnya ada keluarga yang berhasil menyebrangkan dia sampai ke alam langit yang tinggi, kemudian tingkat pembinaan keluarga yang masih berada di dunia manusia menurun, apakah ini bisa mempengaruhi posisi orang yang sudah meninggal di atas sana?

Master: Seharusnya tidak bisa, jika sudah berhasil naik ke atas maka dia akan berada di atas, yang terpenting adalah sesudah sampai di atas sana harus mengandalkan dirinya sendiri.

Coba kamu bayangkan, bahkan Sotāpanna masih harus 7x bolak-balik ke dunia manusia, mengapa masih menyebut Sotāpanna sebagai orang suci? Karena dia masih “Jian Si Huo”.

(Sotapanna : https://id.wikipedia.org/wiki/Sot%C4%81panna)

(Jian Si Huo :
https://baike.baidu.com/item/%E8%A7%81%E6%80%9D%E6%83%91)

Telp: Jika dia tidak datang ke dunia manusia, apakah ini berarti dia tidak bisa melepaskan diri dari “Jian Si Huo”?

Master: Benar, maka dari itu ini adalah saling mendukung satu sama lain, dia harus datang dan pergi, datang dan pergi.

Maka, orang langit dan manusia harus berhasil melatih diri menjadi Bodhisattva, berhasil melatih diri sampai ke alam Buddha dan ini adalah hal yang sungguh sulit. Sangat sulit.

Telp: Apakah setelah dia sampai ke dunia manusia masih memiliki sedikit kemungkinan bahwa dia akan kehilangan arah?

Master: Benar, ini lah yang membuat menjadi semakin sulit, sangat sangat sulit. Apakah mudah menjadi seorang professor?

Telp: Iya, sangat susah.

Master: Qi Shang Qi Xia (七上七下), jika dia tidak bisa bertahan di atas langit maka akan terjatuh, setelah terjatuh dan kehilangan arah, maka harus mengulang pelatihan diri dari awal, ini lah yang disebut reinkarnasi.

(http://www.tzuchi.org.my/web17/index.php/masterchengyen/fayinxuanliu/3403-20140507fayin)

女听众:之前有一个案例,有一个同修把妈妈超度到了西方极乐世界,他妈妈又从西方极乐世界一直掉,最后掉到阿修罗道。我想问一下师父,是不是我们修了心灵法门之后,有这样一个机会可以去西方极乐世界修行,但是如果自己自身境界不够,还是会掉下来?

台长答:你记住我一句话:像这种实际上等于拿的是“永居”,没有拿到“国籍”呢。比方说,心灵法门刚刚送上去的人或者念“阿弥陀佛”境界升上去的人,他没有拿到“入籍”,只是拿到了个“永居”,“永居”的话,弄得不好还要掉下来(就是给他一个机会?)对了(比方说家人把他超度到了一个很高的天上,然后家人在人间的境界降下来了,是不是也会影响亡人在天上的果位呢?)应该不会,送上去的就把他送上去了,最主要到了上面就是看他自己了。你想想看,连须陀洹果天上人间还七次往来了,为什么须陀洹还要称他为圣人呢?因为他还是有见思惑的(如果他不来人间,他这个见思惑永远断不掉吗?)对啊,所以这个就是相辅相成的,他必须要来来去去、来来去去。所以天人跟人要修成菩萨、修成佛道,那是多难的事情,开玩笑了(他来到人间以后还有一些几率会迷失啊?)对啊,所以更难了,不得了的。做教授难不难啊?(嗯,难)七上七下了,在天上待不住的就下来了,下来之后又迷失了,又重新开始修,这就叫轮回。