Wenda20181207 01:40
*[Ada beberapa karma yang harus dibayar dengan menderita]*

Telp wanita: Ingin bertanya Shifu, apakah ada beberapa karma yang harus dibayar dengan menderita, dan ada beberapa karma yang bisa dibayar dengan membaca paritta?

Master: Benar, benar sekali.

Ada beberapa karma yang harus dibayar dengan penderitaan, karena jika karma yang kamu perbuat di kehidupan masa lalu berupa karma jasmani, mungkin kamu harus membayarnya dengan seperti ini.

Jika karma mental, mungkin bisa membayarnya dengan membaca paritta.

Telp: Penyakit yang dirasakan oleh tubuh, kami harus tetap merasakan penderitaan ini, dengan membaca paritta bisa dibayar lebih cepat lagi, apakah ini maksudnya?

Master: Benar. Misalnya, jika di kehidupan masa lalu kamu menyakiti perasaan orang lain, maka di kehidupan ini perasaan kamu pun juga akan disakiti oleh orang lain.

Di kehidupan ini, kamu telah mendengar ajaran Dharma, setelah membaca paritta bukankah rohani kamu akan terbebaskan? Bukankah ini berarti karma perasaan harus dibayarkan terlebih dahulu? Tidak merasakan sakit lagi kan? Tidak sedih lagi?

Telp: Benar.

Master: Tetapi misalnya jika di kehidupan masa lalu kamu mematahkan kaki orang lain, maka di kehidupan ini kamu akan patah tulang, memakai gips, maka itu akan sakit, maka karma ini adalah karma terluka yang harus dibayar dengan tubuh.

Mengapa banyak perempuan yang sehari-hari membaca paritta tapi masih tetap dipukuli suaminya?

Karena di kehidupan masa lalu kamu menganggap dia adalah seorang binatang yang terus dipukuli dan dicambuk, seperti memukul “sapi”, “kambing”, “anjing”…. sehingga di kehidupan ini kamu harus merasakan penderitaan seperti ini, menggunakan tubuh.

Telp: Sudah mengerti.

女听众:请问师父,是不是有一些业是必须要受苦还的,而有些业是可以念经还的?

台长答:对,完全正确。有些业,你必须要受苦还,因为如果上辈子是体业——身体上造的业,你可能就是要这么还。在精神上造的业,说不定你念经就念掉了(肉体上的一些疾病,我们还是要受过这个苦了,再通过念经,还得会快一些,是这个意思吗?)是的。比方说,你上辈子在精神上害了人家,那么你这辈子精神上在受苦。你这辈子精神上闻到佛法了,念经了之后,是不是精神上解脱了?是不是精神上这个业先还掉了?不痛了吧?不难过了吧?(是的)但是比方说你上辈子把人家腿打断了,你这辈子就会骨折,上石膏,就会很痛苦,那么这个业就是硬伤的业,要靠肉体来还了。所以为什么有些女人天天念经还要被老公打?你上辈子就是把他当畜生一样不停地鞭打,打头“牛”,打只“羊”,打只“狗”……所以你这辈子可能就会承受这方面的苦痛,肉体上的(明白了)

https://youtu.be/Lt2eXAkg9h8