Wenda20170908 23:32
*[Membungkukan badan hingga 90 derajat, ini mewakili suatu bentuk ketulusan hati dan pikiran]*

Telp Wanita: Shifu, pada saat acara kai guang, anda memulai upacara kai guang kepada Bodhisattva, lalu memberkati kita semua, ketika anda sembahyang kepada Bodhisattva, pinggang anda membungkuk hingga 90 derajat…..

Master: Benar, apakah kalian membungkuk hanya sampai 45 derajat?

Telp: Kami tidak mengerti.

Master: Ketika membungkukan badan harus sepenuh hati dan pikiran. Mengapa di aliran Vajrayana harus bersujud dengan kedua tangan, kedua lutut dan kepala menyentuh tanah? Ini mewakili suatu bentuk ketulusan hati kamu, semakin kamu membungkukan pinggang sampai terendah, ini berarti kamu semakin tulus, mengerti?

Telp: Kami semua melihat kesehatan anda sedang tidak baik, tetapi masih hati dan pikiran Shifu masih begitu tulus. Membungkuk sampai 90 derajat, sangat mengharukan.

Master: Benar, kamu harus setulus hati dan pikiran terhadap Bodhisattva, begitu juga kepada sesama manusia, barulah Bodhisattva bisa menolong kamu.

Menghormati guru pun juga seperti itu, jika kamu tidak hormat kepada Shifu atau guru, bagaiman guru bisa mengajari kamu?

Coba kamu perhatikan kebudayaan Tiongkok tentang filsuf Kong Zi dan Meng Zi, bagaimana sikap penghormatan semua muridnya kepada Kong Zi?

Kamu perhatikan teman-teman di stasiun radio, mereka sangat menghormati Shifu.

Telp: Mereka semua adalah contoh bagi kami, senang melihat mereka melakukan perbuatan kebaikan dan kami memuji mereka.

Master: Baik-baiklah melatih diri. Mereka semua memiliki berkah, bisa berada di sebelah Shifu sambil belajar, bisa lebih banyak mengajari mereka.

Telp: Mereka tidak banyak berbicara.

Master: Benar, kamu bisa perhatikan mereka tidak banyak berbicara kan.

Telp: Benar, mereka semua sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, bahkan mereka pun dengan senang hati membantu orang lain.

Master: Itu karena tingkatnya, bisa dilihat dari sikap yang ditunjukkan keluar.

《拜菩萨时90度弯腰,代表诚心诚意》

女听众:师父,开光仪式您为菩萨开光,然后给大家祈福,您拜菩萨,您的腰都是弯到90度的……

台长答:对,你们弯到45度?(我们不懂)弯腰全心全意。为什么密宗有的要五体投地?这就代表一种你的诚心,腰弯得越低,说明你心越诚。这还不懂?(大家看到您身体不好,还这么诚心诚意。90度,太感动了)是啊,你要对菩萨真心真意,对人真心真意,菩萨才能救你啊。尊师重道也是这样,你对师父、老师都不尊敬,老师怎么教你?你看看过去中国传统文化,孔老夫子、孔孟之道里面,他所有的弟子全部对孔老夫子怎么行礼的?你看我们电台的小朋友,对师父都很尊敬的(他们都是我们的好榜样,很随喜赞叹他们)好好修啊。他们很有福气啊,能够在师父身边学,经常要跟他们讲(平时都不多说话)对,你看他们都不大讲话的(是,都是忙自己的事情,而且还非常热心帮助他人)境界啊,看得出来的。

Wenda20170908 23:32