[BLOG] Mengapa Master tidak berpenampilan seperti seorang biksu?

Blog Hari Senin, 19 November 2018 14:58

Mohon petunjuk sx, ada orang bertanya mengapa Shifu kalian bukan seorang biksu? Penjelasan seperti apakah yang harus kita berikan kepada mereka yang sesuai aturan? Terima kasih, mohon maaf jika kebijaksanaan saya belum cukup.

Jawaban DFT, Hari senin, 19 November 2018 18:15

Teman sedharma yang terhormat!

Di dalam paritta Buddha juga dikatakan bahwa jika seorang Bodhisattva yang turun ke dunia manusia akan menampilkan dirinya dengan berbeda-beda untuk menyesuaikan dengan keadaannya demi menolong semua makhluk hidup, juga bisa menampilkan dirinya sebagai orang biasa. Pada saat itu, Buddha Sakyamuni yang datang ke dunia manusia awalnya juga berstatus sebagai seorang pangeran, beliau pun juga menikah dan memiliki keluarga.

Kita semua sebagai orang yang melatih diri di rumah, sekarang pun juga belajar Dharma dan melatih diri di rumah, walaupun kita semua tidak menjadi seorang biksu, tetapi orang yang melatih dirinya dengan sangat baik, juga sama bisa menjaga sila, bahkan ada beberapa orang yang pelatihannya dirinya tidak kalah dengan para biksu.

Awalnya, biksu Jing Kong menjadi murid dari seorang yang melatih diri di rumah bernama Li Bingnan, Direktur Asosiasi Buddha Tiongkok bernama Zhao Puchu juga menyebarkan Dharma dengan berstatus sebagai orang biasa, sekarang sudah banyak para biksu yang menjadi murid Master.

Oleh karena itu, melatih hati di jaman akhir Dharma ini, yang terpenting adalah melatih hati dan bukan penampilannya, walaupun hari ini kepala saya dicukur, tapi jika saya tidak baik-baik melatih diri, maka pelatihan diri saya pun juga tidak akan berhasil;

Walaupun saya melatih diri di rumah, tapi saya sama seperti seorang biksu yang melatih diri dan menjaga sila, menyebarkan Dharma kepada sesama, dengan begitu ke depannya saya pun juga akan tiba di jalan Bodhisattva. Berharap bisa dengan penuh kebijaksanaan untuk melihat masalah ini, dan bukan melekat kepada penampilan.

Semoga anda bisa lebih giat belajar Dharma, melatih diri ganda dalam berkah dan kebijaksanaan!

Seketariat DFT 🙏🏻

By 匿名 2018年11月19日 周一 at 14:58
尊敬的师兄您好!
🧐请教师兄,有人问你们的师父为什么不是出家人?我们应该怎样如理如法的跟对方解释呢?感恩,请原谅我智慧不够。

回复此评论
By 东方台 2018年11月19日 周一 at 18:15
尊敬的同修您好!
🌟佛经中也曾提到菩萨到人间会示现不同的身而应机救度众生,也会化现居士相。当初释迦牟尼佛来到人间刚开始做太子的时候也是有婚姻家眷的。

我们作为在家居士,现在也是在家学佛修心,我们虽然没有出家,但是真正修得好的人,照样是持戒的,甚至有些在家人并不比出家人修得差。

当初净空法师拜师李炳南老居士为师,中国佛教协会会长赵朴初也是居士身弘法,现在也是有无数的出家法师拜台长为师。

所以,在末法时期学佛修心,最关键的心而并非一个形式,就算是我今天剃度出家了,我如果不好好修的话,照样也是会修不成;即使在家修,我像出家人一样的持戒修行,弘法度众,那么我照样将来到菩萨道。希望能够智慧地看待这些事情,而不要执着一些表相。

祝您学佛精进、福慧双修!
东方台秘书处 合十

💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛

【视频】我有这样一位师父 👍🙏🏻

🌟http://dmp4-web2.cdn.xldhplay.com/jingcai/shifu.mp4