[Surat keraguan No. 354] Tanya Jawab No. 1 Pesan Master Jun Hong Lu untuk tahun baru 2020, Mengenai ikrar Qing Xiu dan sila Asusila harus berdasarkan tingkat pembinaan masing-masing

*Master Jun Hong Lu menjawab surat pertanyaan keraguan 354*

*Pesan Master Jun Hong Lu:*

Sebentar lagi akan memasuki tahun 2020, harus melupakan semua yang terjadi di tahun 2019, menjalani hidup dengan bahagia, bahagia belajar Dharma dan melatih hati.

Yang paling penting menjadi seorang manusia adalah bisa melupakan masa lalu, penderitaan terbesar manusia adalah tidak bisa melupakan masa lalu, penderitaan itu berasal dari masa lalu, tidak ada orang yang mengatakan “Di masa depan saya sangat menderita”, semuanya adalah penderitaan yang kita alami di masa lalu, maka dari itu harus bisa melupakannya, jangan memikirkannya lagi, melewati hari-hari itu dengan bahagia atau tidak, semua sudah berlalu, yang sudah berlalu berarti sudah tidak ada lagi.

*Bodhisattva selalu berada di sebelah kita.* Terutama ketika akan melewati tahun baru nanti, akan datang banyak sekali Bodhisattva.

Jika kamu melakukan perbuatan buruk, maka arwah akan berada di sebelah kamu;

Jika kamu belajar untuk menjadi orang baik, melakukan perbuatan baik, Bodhisattva akan berada di sebelah kamu.

Ketika mendapatkan masalah darurat, lalu di dalam hati memanggil nama Guan Shi Yin Pu Sa, dengan cepat masalah ini akan berubah ke arah yang baik. Shifu mengajarkan kalian sesuatu yang sangat berharga ini, Bodhisattva sungguh sangat welas asih.

Menjalani hidup di dunia manusia seperti di dalam sebuah mimpi, seperti di dalam sebuah halusinasi.

Jika sekarang kalian mengingat masa-masa muda, bukankah itu seperti sebuah mimpi? Tahun 2019, dalam sekejap mata, setahun sudah berlalu.

Banyak orang yang mengikuti Acara seminar Dharma Shifu, merasa waktu berjalan sangat cepat, karena kalian membaca paritta, menjadi orang baik, sepanjang hari melewati hidup penuh kebahagiaan, maka bisa merasakan waktu sangat pendek, nyaman dan sangat cepat; Jika kita menderita, melewati sehari terasa seperti setahun lamanya.

2020, masih tetap harus menjalani hidup dengan baik, bahagia, menjalani hidup dengan bahagia sampai tahun 2020 ini.

Dulu Shifu pernah mengatakan hal ini kepada kalian di acara seminar Dharma, ada orang yang seumur hidupnya menjadi seorang Bos, memiliki banyak uang, tapi di usia senja kesehatannya tidak baik, perusahaannya bangkrut, anak meninggalkannya…. tidak memiliki apapun, menjelang akhir hayatnya, ketika dia tidur di ranjang, dia sia-sia menjalani hidup ini, seumur hidupnya menderita, karena semasa muda dia sudah menikmati semuanya, sudah melupakan semua itu;

Ada orang yang walaupun seumur hidupnya menderita, hidup susah, tetapi dia bahagia di usia senja, dikelilingi oleh anak cucu, juga ada uang, membaca paritta sembahyang kepada Buddha, seumur hidupnya bahagia.

Yang terpenting dari sebuah ujian adalah hasil, hasilnya harus baik. Sekarang “hasil” kita sekarang ini adalah tahun 2020, jika bisa melewati tahun 2020 dengan baik, maka akan melupakan tahun 2019, 2018, 2017…. melupakan semua penderitaan di masa lalu, karena kamu menikmati kebahagiaan Tahun 2020, ini adalah sebuah kenyataan.

Apalah gunanya kenikmatan di masa lalu? Jika kamu memiliki kemampuan, kamu harus menjalani hidup dengan baik sekarang ini.

Tidak masalah jika dulu sangat susag, yang terpenting, sekarang kamu bisa tersenyum.

Baik-baiklah menjalani hidup di tahun 2020, bahagia melewati tahun baru. Harus terus membayangkan, masa depan yang baru pasti akan datang, Bodhisattva pasti akan melindungi.

Asalkan kalian mau bersembah sujud, Bodhisattva akan melihat pahala, fondasi, dan lain-lainnya untuk membantu kamu mengaturnya, semua masalah kamu akan selesai, kapan masalah dia akan selesai… asalkan kamu memohon, pasti bisa diselesaikan.

Bodhisattva Memberkati kalian semua, Kalian semua harus menjalani hidup dengan bahagia!
台长语:

马上进入2020年了,要把2019年都忘记,开开心心,好好学佛修心。做人最重要的就是要忘记过去,人最痛苦的就是忘记不了过去,痛苦都是过去带来的,没人会说“我未来很痛苦”,都是过去已经受过的苦,所以要忘记,不要再去想了,开心不开心都过去了,过去了就没了。

菩萨就在我们身边。尤其是逢年过节的时候,菩萨来的很多。你如果做坏事,灵性就在你身边;你学好人、做好事,菩萨就在你身边。碰到紧急事情,心里叫观世音菩萨,很快就会转变。师父把最好的东西都教给你们了,菩萨是最慈悲的。

人间就像梦一场,像幻觉一样。现在想想你们年轻的时候,像不像做梦?2019年,眼睛一眨,又过了一年了。很多人跟着师父开法会,就觉得时间过得很快,因为你们念经,做好人,天天幸福,就觉得时间很短,过得很舒服很快;如果很痛苦,就会觉得度日如年。

2020,还好好地活着,开开心心,这辈子到2020年都算很开心。师父以前在法会上和你们讲过,有的人一辈子做大老板,很有钱,到晚年身体不好、公司倒闭、孩子离开……什么都没有了,最后死的时候风烛残年,他睡在床上觉得自己一辈子白活了,一辈子都是痛苦的,因为过去好的时候都享受过了、忘记了;有的人就算一辈子都很痛苦、很难过,但是晚年的时候开开心心,子孙满堂,钱也有,拜佛念经,他就是幸福一生。最后的考试就是果,果要好。现在我们的果就是2020年,如果你2020年过得好,就会忘记2019、2018、2017……所有的痛苦全忘记了,因为你享受着2020年的幸福,这就是现实。过去再好有什么用?有本事现在好。过去再苦又怎么样?有本事现在笑得出来。

好好把握2020 年,开开心心过新年。要想到,新的前途一定会来,菩萨一定会保佑。你们只要磕头了,菩萨会按照你们的功德、根基等,帮你们排队,你的事情什么时候解决,他的事情什么时候解决……你只要求了,一定会解决的。菩萨保佑你们,大家开心一点!

—卢台长开示解答来信疑惑(三百五十四)