Wenda20200918 14:45
*[Bagaimana kita menghadapi teman sedharma yang tidak ingin dikritik, dan dia hanya mau mendengar kritik dari Shifu seorang saja]*

Telp Pria: Sekarang ada satu kejadian seperti ini, disaat seorang teman sedharma memberikan kritik dan kekurangan terhadap pembinaan diri teman sedharma lainnya, dia tidak mau menerima dan malah mengatakan: “Saya hanya mau dikritik oleh Shifu seorang saja, saya tidak mau mendengar perkataan orang lain.”

Dalam situasi seperti ini, bagaimana cara kita mengatasinya?

Master: Jika dia hanya mendengar perkataan Shifu saja, itu berarti dia sedang menggunakan perkataan ini untuk menghalangi kalian mengkritik dia.

Telp: Benar.

Master: Karena perkataan ini memang adalah sedang menghormati Ajaran Guru.

Telp: Benar.

Master: Jadi, kamu tidak bisa membalas apa-apa ketika menghadapi perkataan seperti ini.

Tetapi di lain sisi, orang yang mengatakan perkataan ini, berarti tidak mau menerima pendapat orang lain. Semua ini adalah masalah tingkat kesadaran dan tingkat kesadarannya masih belum tinggi.

Telp: Berarti kita hanya bisa Sui Yuan saja yah?

Master: Menurut saya, disaat dia tidak mau menerima pendapat orang lain, apapun yang kamu katakan dia tidak akan mendengarnya dan yang bisa kamu lakukan hanyalah Sui Yuan.

Apalagi yang kamu bisa lakukan selain itu?

Kecuali kamu bisa membuat Shifu berbicara kepada dia secara langsung, tetapi jika Shifu berada di kejauhan dan tidak bisa menemukan dia, yang bisa kamu lakukan hanya pasrah, karena tingkat kesadaran dia masih belum tinggi.

Telp: Benar.

Wenda20200918   14:45

如何处理同修不服佛友的指正,说只听师父讲

男听众:有这么一个现象,佛友给另一个佛友指出修行上的问题或者不足之处,另一个佛友不接受,也不服气,他就说:“我只听师父对我讲,不听别人的。”面对这种情况,我们如何处理?

台长答:他只听师父讲的话,实际上他用这句话来阻碍你们讲他(是)因为他这句话本身是尊师重道的(对)所以这句话就是说你拿他没办法,但是本身说这句话的人就是不想接受别人的意见,这是他本身的境界问题,境界还不够高(那只有随缘了,是这样吗?)我觉得一个人不愿意接受别人意见,你讲话他不听,那你就是随缘。除了随缘你还能怎么样?除非你能够让师父讲他,如果师父在很远的地方讲不到他,那你也只能随缘,境界不够(对)