Wenda20170428 50:37
*[Dalam kegiatan melepaskan makhluk hidup apakah boleh menggantikan 1 ekor ikan besar dengan beberapa ikan kecil]*

Telp Wanita: Halo Shifu. Jika teman sedharma sudah berikrar untuk melepaskan ikan dalam jumlah besar, misalnya ribuan bahkan sampai puluhan ribu ekor, lalu dalam kondisi keadaan tidak mendukung untuk melepaskan ikan,

Apakah boleh diganti dengan binatang lain yang akan disembelih untuk menggantikan jumlah ikan yang besar ini?

Misalnya, Apakah melepaskan 1000 ekor ikan atau Udang juga bisa dihitung dalam ikrar ikan.

Master: Sebenarnya, Melepaskan makhluk hidup adalah sebuah tekad, asalkan kamu melepaskan makhluk hidup, maka kamu sedang menjalankan tekad kamu sendiri, ini disebut dengan “Xing Yuan”.

Jadi, tidak ada masalah dengan hal ini, boleh dicancel.

Telp: Shifu, jika melepaskan 1 ekor ikan, apakah boleh digantikan dengan beberapa ekor ikan?

Master: Seharusnya seperti ini. Misalnya, hari ini kamu melepaskan 1 ekor ikan gabus, mungkin bisa menggantikan belasan ekor ikan, karena ikan gabus memiliki 7 bintang di atas kepalanya.

Telp: Benar. Karena ada peraturan pemerintah yang tidak lagi boleh melepaskan beberapa jenis ikan. Jadi bagi para teman sedharma yang sudah berikrar melepaskan dengan jumlah besar, harus menggantikannya dengan ikan jenis lain.

Master: Benar. Misalnya, hari ini kamu melepaskan 10 ekor ikan, mungkin 1 ekor ikan gabus bisa sebagai penggantinya, ikan gabus sangat hebat.

Kamu ingat, melepaskan 1 ekor ikan besar itu berbanding 3 ekor ikan kecil, atau sebenarnya bukan dari beratnya, jika tidak disebut dengan satuan berat, maka besar atau kecil.

Telp: Baik. Misalnya, kami berikar 2000 ekor ikan kepada Guan Shi Yin Pu Sa, kemudian kami mungkin akan melepaskan labi-labi, atau beberapa ikan besar, digabung menjadi satu.

Master: Benar, dengan begitu akan lebih mudah mencapai jumlah ini.

Telp: Ingin bertanya Shifu, apakah ada jumlah tertentu yang bisa kita jadikan sebagai referensi?

Master: Sudah saya katakan sebelumnya, *bukan jumlah banyak atau sedikit.*

Misalnya, awalnya kamu berencana untuk melepaskan besar kecilnya ikan, dan ikan yang kamu lepas sekarang lebih besar 4x lipat, maka 1 ekor ikan = 4 ekor. Lebar dan panjangnya dihitung sama-sama.

Misalnya, 1 ekor ikan yang kamu lepas awalnya hanya sebesar setengah telapak tangan, ternyata ikan yang kamu lepas sekarang lebih besar 4x lipat dari lebar dan panjangnya, itu artinya 1 ekor ikan ini sama dengan 4 ekor ikan.

Jadi dihitung menurut ukuran besar kecilnya ikan.

Telp: Baik. Sekarang kami akan melepaskan labi-labi, para labi-labi yang akan disembelih itu sedang bertelor, di dalam perutnya ada yang sedang bertelor dan tidak bertelor, sebenarnya kami melepaskan para labi-labi yang sedang bertelor, mungkin ada 7-8 telor di dalam perutnya.

Memang sengaja mencari yang sedang bertelor, apakah cara seperti ini lebih baik?

Master: Benar, lebih baik. Jauh lebih baik jika kamu membeli ikan yang sedang bertelor. Ada sebuah cerita, Bodhisattva sedang mengingatkan ada seseorang yang harus melepaskan beberapa ekor ikan, kemudian dia terus menerus melepaskan telor ikan, akhirnya jutaan ekor ikan berhasil dia lepaskan.

https://xlch.org/index.php?a=shows&catid=105&id=26722&t=1587631288401

wenda20170428 50:37
放生一条大鱼能否取代几条小鱼
女听众:师父,您好。如果同修已经许愿放生大量的鱼,比如几千条、几万条,在环境不允许放鱼的情况下,可不可以用其他待宰杀的物种来代替许愿鱼的数量?比如说用1000只田鸡或者是螃蟹算进放鱼的愿力。

台长答:其实 *放生本身就是一种愿力而已,你只要放生,你就是在行自己的愿,叫行愿。* 所以这个应该没有大问题,可以抵消的

(师父,如果是放生1条水鱼,有没有说可以取代放生几条鱼的数量呢?)应该是这样的。比方说你今天放生1条黑鱼,可能就可以取代放生十几条鱼的数量,因为黑鱼头上有七颗星啊(是的。因为现在我们国家限定一些鱼种已经不能再放生了,所以如果同修许愿了大量放生的数量,必须用其他的物种来取代)对啊。比方说你今天要放10条鱼,那你放生1条黑鱼可能就可以取代,黑鱼是很厉害的。

你记住,放1条大鱼可能就是3条小鱼的分量,或者其实不是分量,不称分量的话就是大小(好的。比如我们跟观世音菩萨许愿2000条鱼,然后我们可能会放生一些水鱼或者一些大鱼,掺杂在里面)对,这个很容易数量满的(请问师父,有没有一定的数量让我们参考?)我已经讲了,*不是数量大小。*

比方说你本来准备放生的鱼的大小,你现在放的鱼比它大四倍,那么1条就放4条。横的宽的算在一起,比方说你本来放的1条鱼只有半个手掌大,你现在放了1条鱼宽度和长度正好是原来放的鱼的四倍,那你放1条就等于放了4条。它是根据大小

(好的。我们现在放生水鱼,原来那些被宰杀的水鱼里面有分已经怀孕的,就是肚子里面有卵的跟没有卵的,其实我们放生的那些已经肚子里面有卵,里面可能已经有7-8颗水鱼的蛋。我们专门买有卵的来放生是否会更加好呢?)对,更好。你要是买的这个鱼里边有鱼籽的话更好。有一个故事讲到,菩萨提醒有一个人要放生多少条,他不停地买鱼籽放,结果上千万条鱼他都放掉了