[Fahui Tanya Jawab 7 Desember 2019, Melbourne, Australia] No. 1
*[Bagaimana cara permohonan agar perbuatan pahala yang kita lakukan tidak berubah menjadi balasan berkah]*

*Pertanyaan Perkumpulan Belajar Pertemuan Umat Seluruh Dunia 7 Desember 2019, Melbourne, Australia*

Tanya: Ingin bertanya Shifu, setelah kita belajar Dharma bagaimana kita mengetahui apakah ini adalah balasan berkah yang memang didapatkan dari nasib kita sendiri atau ini adalah balasan berkah yang sudah dirubah menjadi pahala?

Karena banyak teman sedharma yang berharap bisa menyimpan sebagian besar pahalanya, tidak ingin dirubah menjadi balasan berkah surgawi dan duniawi. Mohon wejangan welas asih Shifu.

Master: Tidak salah jika kamu mengatakan tentang balasan berkah duniawi dan surgawi, karena kamu masih berada di 6 alam reinkarnasi, di atas langit pun juga termasuk 6 alam reinkarnasi, karena masih bisa reinkarnasi, mengerti?

Tanya: Mengerti.

Master: Biasanya, jika kamu mengetahui bahwa di kehidupan ini kamu telah melakukan banyak perbuatan baik, permohonan kamu cepat dikabulkan, hidup berjalan lancae, maka kamu sedang menggunakan balasan berkah kamu.

Jika kamu merasa hari ini telah melakukan perbuatan baik, bilang kepada Guan Shi Yin Pu Sa *”Guan Shi Yin Pu Sa, saya ingin merubah ini menjadi pahala”,* maka tidak secepat itu kamu akan mendapatkan balasannya, tidak akan mendapatkan balasan berkah, tetapi hidup masih akan berjalan lancar, Bodhisattva aman melindungi agar hidup kamu berjalan lancar, kemudian pelan-pelan ini akan berubah menjadi pahala kamu.

Disaat terjadi kecelakaan mobil, tiba-tiba tertabrak, dan tidak terjadi apapun dengan kamu, ini berarti pahala kamu sudah melindungi kamu, menguraikan bencana kamu. Mengerti?

Tanya: Sudah mengerti, Terima kasih atas wejangan Shifu.

如何祈求让自己做的功德不要转化成福报?

问:请问师父,我们如何知道学佛后得到的福报是自己本来命中该有的,还是学佛后做的功德转化成的呢?因为很多师兄希望大部分的功德可以储存下来,不要转化成人天福报,不要转化成人间的福报。请师父慈悲开示。

答:你讲人天福报没错的,因为你在六道里,天上,这是六道天,它也会轮回的,明白了吗?(明白)所以一般地,你如果知道你今世做了很多好事,马上就很灵、很顺利,那么就是已经在用你的福报了。
如果你觉得今天做了好事,跟观世音菩萨说“观世音菩萨,我要把这个成为功德”,那么你就不会马上报应,不会有福报,但是很顺利,菩萨会保佑你很顺利的,然后这个就慢慢地进入你的功德了。
当你有车祸,突然之间撞一下,你就一点事情都没有,这就是你的功德已经保佑了你,化解了你的灾劫。听懂了吗?(听懂了,感恩师父开示)

20191207墨尔本世界佛友见面会共修组提问

如何祈求让自己做的功德不要转化成福报?