Wenda20120205 07:58
*[Bagaimana cara yang benar untuk bervegetarian]*

Telp Wanita: Dulu kakak perempuan saya belajar di aliran lain, sudah beberapa tahun bervegetarian, 2-3 tahun bervegetarian lalu nutrisinya tidak cukup, sekarang mulai memakan sedikit daging, tapi tidak banyak.

Mohon Anda memberikan wejangan untuk teman sedharma yang bervegetarian, karena terkadang mereka memakan makanan yang sedikit tawar yang membuat nutrisinya tidak cukup.

Master: Pertanyaan yang kamu tanyakan ini sungguh baik. Menjadi seorang vegetarian juga harus ada syaratnya dan tidak hanya sekedar memakan sayur-sayuran, tahu dan sayuran lainnya.

Bodhisattva meminta kita untuk menjaga tubuh jasmani kita dengan baik, agar di dunia manusia ini kita bisa melatih diri, tidak meminta kalian untuk tidak membunuh makhluk hidup lalu bervegetarian dan membuat kesehatan tubuh kamu rusak.

Bodhisattva sangat welas asih, mengetahui kita untuk makan telor ayam, susu sapi dan makanan yang terbuat dari susu, karena banyak telor sekarang ini tidak bisa menetas menjadi ayam kecil lagi, bahkan kandungan nutrisi didalamnya pun juga sangat banyak, dengan begitu perlahan-lahan keseimbangan gizi tubuh akan menjadi seimbang.

Yamg terpenting adalah memakan makanan yang terbuat dari kacang-kacangan, didalam mengandung protein, ada lecithin protein, harus banyak mengkonsumsi makanan ini, misalnya Su Ji(素鸡, makanan olahan yang terbuat dari kacang-kacangan), kacang kedelai, kacang tanah…..

Banyak orang yang memakan beberapa macam sayuran saja, sehari-hari memakan sayuran lobak, air dan minyak saja.

Kamu bisa pergi ke rumah makan vegetarian di Taiwan, membeli berbagai macam bahan makanan olahan vegetarian, boleh memilih rasanya, lalu dimasak dengan sayur-sayuran.

Cara memasaknya juga penting, kamu boleh dipanggang, dipanggang, ditumis, atau dibungkus…

Orang yang bervegetarian harus terus memikirkan masakan kreatif dan tidak hanya memakan makanan monoton, jika begitu dalam waktu lama, kesehatan tubuh akan menurun.

Para Bhikkhu dan Bhikkhuni tidak bekerja terlalu berat, berbeda dengan kita yang sambil bekerja, maka ini adalah dua konsep yang berbeda.

Banyak paritta yang dibaca oleh para biksu, tapi kita tidak bisa membaca paritta tersebut, kami pun juga tidak perlu melakukan hal yang sama seperti para biksu.

Banyak orang yang belajar membaca paritta seperti para biksu di rumah, tetapi merrka sendiri tidak bisa menjaga 5 sila, dan akhirnya yang terkena sial pun mereka sendiri juga, mengerti?

Di dalam ajaran Dharma, jika tidak bisa melakukan hal yang telah diikrarkan maka disebut sudah berbohong! Omong besar! Hari ini saya tidak hanya memberitahukan kepada kamu seorang saja, tetapi karena sudah banyak orang yang bervegetarian, harus banyak memakan makanan yang dari *kacang tanah, biji-bijian, kacang, Walnut (Kacang Pohon), Kastanya* untuk menjaga keseimbangan gizi, semua makanan ini sangat bergizi.

wenda20120205 07:58
应该怎样正确吃素
女听众:我姐姐以前学其他法门,头几年也吃素,吃了两三年素后营养特别不良,现在又开始吃点肉,但不是吃很多。您给吃素的同修开示一下吧,因为他们吃素,有时候吃的挺单一的,就会造成严重的营养不良。

台长答:你这个问题提得非常好。吃素也有条件,并不是单单吃青菜、豆腐等素菜就够了。菩萨叫我们保护好肉体,让我们在人间是修行的,不是让你不杀生吃素把你身体吃坏。所以菩萨大慈大悲,同意我们吃鸡蛋、牛奶和奶制品,因为鸡蛋很多都是孵不出小鸡的,里面营养成分很多,这样你的身体才会慢慢地均衡。最主要的还是要多吃点豆制品,里边有蛋白质,有大豆卵磷脂,要多吃,比方说素鸡、黄豆、花生米……很多人吃得很单一,天天青菜萝卜,油水都刮光了。你可以到像台湾素食店去买素火腿、素鸭,自己调味切片,跟素菜烧在一起,烹调也很重要,你可以想出各种方法来烧、来烤、来炒,或者包春卷……吃素的人要不断地想出花样来吃,否则太单一,时间长的身体会严重地垮下去的。和尚尼姑他们不做工就敲敲木鱼念念经扫扫地,不需要很大的能量,所以吃吃豆腐青菜无所谓。我们要打工要上班的。为什么台长说观世音菩萨心灵法门这么好?就是告诉你,和尚和我们居士修心是不同的两个概念。师父念的很多经我们念不了,师父要做的事情我们不一定做得了。很多人自己在家里拼命学师父那些大经,但是自己又做不到五戒,又不能修心又不能出家,再许那些大愿,最后倒霉的还是他,你听得懂吗?在佛法上说,你许了愿做不到就叫妄语!吹牛!今天我不单单是告诉你一个人,因为有很多人吃素,营养均衡每天要吃点花生米、五谷杂粮、豆、核桃,还有栗子,这些都是很有营养的。

https://xlch.org/index.php?a=shows&catid=105&id=12586&t=1577630815534