Wenda20150426B 36:10
*[Apakah sesuai aturannya jika melakukan kebohongan demi kebaikan]*

Telp Pria: Ketika teman sedharma baru belajar Dharma dan memulai pelatihan hatinya, mungkin tidak banyak perubahan yang terjadi padanya, anggota keluarga tidak percaya, tidak percaya kepada Buddha, ketika dia berkata ingin pergi ke acara seminar Dharma, karena takut keluarganya tidak senang lalu melakukan karma ucapan.

Jika melakukan kebohongan demi kebaikan, misalnya beralasan ingin pergi rekreasi atau menghadiri acara ulang tahun teman, agar kesempatan mereka untuk melakukan karma ucapan berkurang, apakah melakukan kebohongan demi kebaikan ini sesuai dengan aturannya?

Master: Jika melakukan kebohongan demi kebaikan maka harus terlebih dahulu berkomunikasi dengan Bodhisattva, harus menjelaskannya kepada Bodhisattva, kemudian harus menggunakan hati nurani kamu, barulah bisa terhindar atas tanggung jawab akan kebohongan kamu itu, jika kamu terus membayangkan perbuatan kebohongan demi kebaikan ini pun, tetap ada dosanya.

Telp: Benar.

wenda20150426B 36:10
说善意的谎言是否如法
男听众:同修在刚开始学佛修心时可能自身的改变还不大,家人不太相信,不信佛嘛,当他说要去参加法会的时候,惹得家人不满造口业。如果以善意的谎言来告知,就是说要去旅行或者去参加朋友的生日party,让对方减少造口业的机会,请问这个善意的谎言是否如法?

台长答:善意的谎言必须跟菩萨先沟通,要讲给菩萨听,而且自己要对得起良心,那才能够免去他谎话的自责,否则的话你就算心里想着这是善意的谎言,你照样有罪(对)

https://xlch.org/index.php?a=shows&catid=105&id=18255&t=1575207004661