Wenda20171015B 41:15
*[Bagaimana cara melatih “Ding” (Menenangkan diri)]*

Telp Wanita: Halo Shifu, ada sebuah pertanyaan yang ingin saya tanyakan. Murid menerima sebuah pesan pikiran di Guan Yin Tang, yang mengatakan bahwa meditasi adalah dasar kebijaksanaan. Tetapi saya tidak bisa berkonsentrasi ketika membaca paritta di Guan Yin Tang, jadi saya ingin meminta Wejangan Shifu. Bagaimana caranya melatih “Ding” (Menenangkan diri) ini?

Master: Bagaimana cara melatih “Ding” ini? Kamu harus ingat, saat bertemu dengan masalah apapun, pertama-tama, kita harus sering berkata “harus tenang”, hati harus tenang, saat hati kamu tidak tenang, ini menandakan “Ding Li” (kekuatan untuk tenang) kamu tidak cukup.
Saat Ding Li tidak cukup, berarti kamu kekurangan disiplin.

Pertama, harus mengurangi berbicara;

Kedua, jangan memikirkan apa yang tidak seharusnya kamu pikirkan. Ini adalah kedisiplinan.
Kedisiplinan inilah yang memberikan ketenangan “ding”, Orang yang bisa tenang, baru bisa mendapatkan kebijaksanaan. Makanya dinamakan “Jie Ding Hui” – ( *Menjalankan sila*, *Ketenangan pikiran* dan *Kebijaksanaan*).

Dari awal Bodhisattva telah memberi tahu kalian cara yang baik, maka dari itu kalian harus bisa menjaga sila, jika tidak menjaga sila, dari mana datangnya “ding” ini? Apakah kamu sudah mengerti?

Telp Wanita: Ya, terakhir, saya mendengar Bodhisattva Guan Di menyuruh saya untuk menjaga sila, tetapi saya sering kali tidak mengerti situasinya.

Master: “Sering kali tidak mengerti akan situasinya”, ini artinya kamu tidak menjaga sila dengan baik.

Telp Wanita: Benar Shifu, hati sering tidak tenang, saat membaca paritta di Guan Yin Tang, hati sangat cemas, selalu ingin segera keluar.

Master: Itu benar, sangat cemas, ingin keluar, duduk tidak tenang, berdiri juga tidak tenang.

Telp Wanita: Benar Shifu, duduk juga tidak tenang.

Master: Apakah kamu Shio Monyet?

Telp Wanita: Saya bukan Shio Monyet, tetapi Shifu pernah memberitahukan saya bahwa saya adalah sebuah Bulu Emas Sun Wu Kong.

Master: Oh.. pantas saja kamu duduk tidak bisa tenang, berdiri juga tidak bisa tenang. Hahahaha…

Telp Wanita: Temperamen saya juga sangat keras.

Master: Coba kamu pikir, apakah bagus untuk seorang wanita jika memiliki temperamen yang keras?

Telp Wanita: Tidak baik, sering marah-marah.

Master: Apakah mau berubah?

Telp Wanita: Mau Shifu, lagi diperbaiki, kalau tidak akan dimarahi Boddhisattva.

Master: Benar sekali. Apakah kamu tidak merasa malu? Jika kamu adalah manusia, maka sifat buruk harus segera di rubah. Benar tidak?

Seorang manusia dapat dengan mudah merubah kejelekannya. Jika sering tidak bisa merubah sifst buruk, maka kamu perlahan lahan sudah mendekati seperti seekor binatang yang tidak berubah walaupun telah diajarkan berkali kali. Ini tidak baik.

Telp Wanita: Shifu, terkadang saya bisa mendengarkan perkataan Bodhisattva, apakah itu benar? Karena kadang-kadang saya merasa seperti mau gila, sangat aneh.

Master: Coba kamu pikirkan, jika kamu merasa seperti akan mau gila, apakah Boddhisattva yang berada di tubuh kamu?

Telp Wanita: Bukan, terkadang saya pikir saya sedang menerima beberapa informasi dari Bodhisattva, tidak dapat mengingatnya, langsung lupa setelah Bodhisattva selesai menyampaikannya, jadi Boddhisattva akan….

Master : Kira-kira apa yang disampaikan? Coba kamu beri tahu Shifu, kira-kira apa yang ingin Boddhisattva sampaikan?

Telp Wanita: Kira-kira Bodhisattva berkata… Saya merasa Bodhisattva sangat sopan, karena terkadang saat saya membakar dupa, Boddhisattva bisa memberikan saya gambaran tentang kepada siapa saya harus membakar dupa, Bodhisattva juga akan berkata “Membakar dupa untuk Guan Shi Yin Pu Sa, membakar untuk Nan Jing Pu Sa, maka dari itu, saya merasa Boddhisatva sangat sopan.

Bodhisattva juga memberi tahu saya bahwa 24 jam harus melakukan perbuatan seperti seorang Bodhisattva. Tidak boleh ada waktu untuk istirahat.

Master: Itu benar, jika kamu ingin menjadi Bodhisattva, maka kamu harus menjadi seorang bodhisattva selama 24 jam.

Kamu tidak boleh “23 jam menjadi Bodhisattva, dan 1 jam sebagai pencuri atau orang jahat.

Telp Wanita: Iya.

Master: Bodhisattva memberi tahu kamu bahwa jika kamu ingin menjadi Bodhisattva, kamu harus berbicara seperti Bodhisattva, berpikir seperti Bodhisattva, dan melakukan apa yang Bodhisattva lakukan.

Telp Wanita: Bodhisattva juga mengatakan, karena terkadang… kemarin saya tidak memberikan hormat di Guan Yin Tang, atau jika saya tidak memberikan hormat kemarin lusa ini, lalu ketika kemarin saat saya memberikan hormat, Bodhisattva akan memberi tahu saya, walaupun lelah, setiap hari harus memberikan hormat kepada Boddhisattva, itu yang beliau katakan.

Master: Ini adalah peringatan dari Dewa Pelindung Dharma, orang seperti kamu, jika satu hari tidak memberi hormat maka akan seperti tidak waras, dan bahkan tidak lagi bisa melakukan hal apa yang Bodhisattva lakukan dan akan menjadi gila.

Orang seperti kamu, saat marah juga akan seperti mau gila. Ucapan dan perbuatan kamu seperti orang tidak waras, Hehe…

Telp Wanita: Benar, Bodhisattva sangat disiplin terhadap saya, awal mula kejadian, saya sangat takut.

Master: Seiring berjalannya waktu, kamu tidak akan merasa takut lagi.

Telp Wanita: Saya tidak takut lagi, sekarang sudah terbiasa.

Wenda20171015B 41:15
如何修“定”
女听众:师父,您好,有一个问题想请教师父。弟子在观音堂接到了一个意念,说禅修是智慧的基础。但是我无法在观音堂念经时集中精神,所以想请师父开示,要怎么修这个“定”?

台长答:怎么修这个“定”?你要记住了,碰到什么事情,首先,我们经常说“要定下来”,心要定下来,那你定不下来,说明你的定力不够,定力不够——缺少戒律。

第一,要少说话;第二,平时不该想的就不要去想。这就是戒律,有戒才会有定,定得下来才会有智慧,所以叫“戒定慧”。

菩萨早就告诉我们好方法了,所以你必须守戒,不守戒,哪来的“定”?明白了吗?(嗯,上次我有听到关帝菩萨跟我说要守戒律,可是我很多时候都搞不清楚状况)“很多时候都搞不清状况”,你就是没守戒律(对,心很不定,在观音堂念经时就很乱,就想要出去)对啊,很乱,想要出去,坐不定,站不定(对对,坐不定)你属猴子的啊?(我不是属猴子的,但上次师父有开示过,说我是孙悟空的一根金毛)哦,怪不得“坐不定,站不定”,哈哈……(脾气也特别倔)你说一个女孩子脾气倔好吗?(不好,经常生气)要改吗?(要改,正在改,不然会被菩萨骂的)对啊,你丢脸不丢脸啊?你是个人啊,人么毛病马上就改掉了,对不对?你是人,一改就改掉了,所以经常改不掉,你就慢慢接近动物了。

屡教不改就不行(师父,我有时候会听到菩萨说的话,是真的吗?因为我有时候会觉得自己好像快要发疯,就很奇怪)想想看,快要发疯的话是菩萨在你身上吗?(不是,就会接到好像菩萨的一些信息,大概都记不得了,说了就忘记了,所以菩萨会……)大概说什么?你告诉我菩萨大概什么意思(菩萨大概说……我觉得菩萨很有礼让精神,因为有时候我给菩萨上香,菩萨会给我一个意念说要给哪一位菩萨上香,菩萨都会说,“你给观世音菩萨上香,给南京菩萨上香”,所以我就觉得菩萨都很有礼让精神。菩萨还跟我说,24-hours[注:24小时]都要当菩萨,不能有任何的休息时间)对啊,你要当菩萨,你就是24-hours都要做菩萨,你不能说“我做23个小时菩萨,做1个小时小偷、坏人”(对)

菩萨就是告诉你,你要做菩萨,你就要讲话像菩萨,动菩萨的思维,做菩萨的事情(菩萨还说,因为有时候……昨天就没有去观音堂请安,或者前天没有去观音堂请安,昨天我去给菩萨请安的时候,他们就说,“虽然太累,每天至少要去跟菩萨请安”,就这么说)那就是护法神通知你了,像你这种人,一天不请安,你可能又要脑子坏掉了,又要不做菩萨,又要发疯了。而且你这个人发起疯来还要发癫,叫疯疯癫癫,呵呵(对,菩萨就对我特别严厉,刚开始的时候会很怕)现在时间长了你就不怕了(不怕了,现在还好,就正常了)