[Fahui Tanya Jawab] No. 2
*[Tidak perlu harus lulus ujian mimpi baru berikar Vegetarian]*

Tanya8: 1 Juli, Saya mulai untuk menjadi seorang Full Vegetarian, tetapi saya masih belum berikrar. Master pun pernah mengatakan jika seseorang hany bervegetarian tapi tidak berikrar itu hanyalah sekedar hobi saja, tidak ada pahalanya. Karena saya tidak lulus pada ujian mimpi kemarin.

Master: Menjadi seorang Full Vegetarian adalah langkah pertama welas asih.

Jika kamu sudah bervegetarian walaupun belum berikrar, itu sudah sebuah kemajuan yang pesat.
Jika kamu tidak berikrar, maka yang rugi adalah diri kamu sendiri, karena kamu bisa memohon untuk suatu hal yang besar.

Selanjutnya, jika ada kesempatan, kamu boleh berikrar sedikit demi sedikit, setidaknya dengan melakukan hal ini, hati kamu lebih tenang. Setelahnya jika kamu sudah memiliki tekad untuk bervegetarian full, boleh berikrar.

Jika setelah kamu berikrar dan terjadi hal diluar kuasa, jika Pu Sa dan Dewa Pelindung Dharma memaafkan kamu atas hal ini, itu berarti kamu tidak berdosa.

Misalnya, jika ada seseorang yang sengaja memasukkan daging di makanan hanya untuk melihat apakah kamu bisa menelannya atau tidak. Jika ini dilakukan oleh anggota keluarga kamu yang masih memakan makanan non vegetarian, kamu jangan berbalik marah ke mereka, jika tidak, itu malah akan mempengaruhi pandangan mereka terhadap Ajaran Buddha.

Jadi terkadang kita harus bersikap Sui Yuan, saat waktunya sudah tiba, maka secara otomatis mereka akan menjadi Full Vegetarian, jika waktu masih belum sampai, bervegetarian setiap tanggal 1 dan 15 sudah cukup bagus.

Tidak harus bisa terlebih dahulu lulus di ujian mimpi baru berikrar Full Vegetarian.

无需待梦考过了才许愿吃素(卢台长给全世界弟子第一次的开示)
问8:弟子七月一号开始吃全素,但是还没许愿,知道台长说过如果吃全素不许愿就只是个人兴趣而已,没有功德。因为上次梦考没过。
答8:吃全素就是慈悲的第一步。你如果没有许愿但是已经吃全素的,那是很大的进步。你如果没有许愿的话,那吃亏的是你自己,因为你本可以求一个很大的事情。那就以后有机会慢慢的许愿,至少你的心很静,然后许愿你以后一辈子吃素了,有这点就可以了。如果以后真的有什么特殊情况了,那菩萨如果原谅你就原谅你了,护法神原谅你的话你就不会有罪了。比如有人故意要在你吃的东西中放荤的看你吃不吃得出来。但是你家人都吃荤的话你也不用跟他们顶,否则反而影响他们对于佛教的看法。所以有时候就随缘,时间成熟了就可以吃全素,不成熟的话初一十五吃素也挺好的。没有说一定要梦考过才能许愿吃素的说法。