Shuohua20170728 05:40
*[Apakah Teman Sedharma yang mempunyai usaha pabrik mebel lalu menerima upah dari teman sedharma untuk membuat altar termasuk melakukan Lian Cai; Sesama teman sedharma jangan melakukan hubungan bisnis apapun]*

*Ket: Lian Cai adalah perbuatan yang mengambil keuntungan dari Agama untuk memperkaya diri sendiri.*

Telp Pria: Ada seorang temab sedharma yang membuat mebel, dia mempunyai pabrik, dia selalu memberikan altar gratis ke orang miskin dan penderita penyakit berat.

Terakhir Master memberikan wejangan, membuat altar bagi orang kaya juga ada pahalanya. Jika teman sedharma ini menerima uang untuk membuatkan altar, upahnya lebih murah sedikit, apakah ini termasuk perbuatan Lian Cai?

Master: Tidak termasuk Lian Cai, Karena mengikuti harga pasaran.

Misalnya, usaha mebel ini, harga dari membuat altar memang membutuhkan biaya sebanyak itu, kemudian kamu menerima uang sebanyak itu, maka seharusnya tidak termasuk Lian Cai, karena dia memang adalah seorang pengusaha mebel.

*Tetapi, misalnya kamu terus mempromosikan “Kalian buat altar dengan saya saja.”, maka itu sudah tidak benar. Mengerti?*

Telp: Mengerti.

Master: Harus sesuai jodoh.

Telp: Jika teman sedharma ini, selain menerima uang dari membuat altar, di sisi lain mengambil keuntungan yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada untung sama sekali, menjual barang ke teman sedharma, apakah ini termasuk Lian Cai?

Master: Jika menjual barang lain ke teman sedharma, maka itu dihitung Lian Cai.

Ingat, apapun usaha kamu jangan berhubungan dengan teman sedharma.

Apa yang disebut teman sedharma? Apa yang dimaksud dengan teman sedharma? Teman yang belajar Dharma, Belajar Dharma, kalian semua saling memiliki rasa persahabatan, benar tidak?

Telp: Benar.

Master: Kamu belajar Dharma, benda apapun asalkan itu akhirnya menjadi sebuah bisnis…. bukankah itu disebut Lian Cai?

Telp: Jika tidak menerima uang maka tidak dihitung Lian Cai, tapi asalkan menerima uang itu disebut Lian Cai, apakah benar?

Master: Benar, *hubungan antara sesama teman sedharma awalnya adalah teman yang bersama-sama belajar Dharma, saling memiliki rasa persahabatan, perasaan menjadi lebih dekat, karena Buddha-lah yang menyatukan kita, maka dari itu, jika meninggalkan Buddha, asalkan itu adalah barang dagangan, bukankah itu berarti kamu sedang menggunakan Buddha untuk memperkaya diri sendiri?*

Telp: Benar.

Master: Seperti itu.

Telp: Baik.

Shuohua20170728 05:40
开家具厂的同修收费做佛台算不算敛财;佛友之间不能做任何生意
男听众:有个佛友是做家具的,有自己的工厂,他一直免费送佛台给穷人和重病患者。上次您开示,给有钱人收费做佛台也有功德。如果这个佛友收费给他做佛台,收费便宜一点,这个算敛财吗?
台长答:这个没什么敛财,按市价。比方说,这个家具,这个佛台的确需要这点钱,你就按照这个价钱收取,应该不算敛财,因为他本来是做家具的。但是,比方说,你到处去跟人家讲“你们到我这里来做啊”,那就不对了。明白了吗?(明白)要随缘(如果这位佛友除了收费做佛台以外,另外收取很少的利润或者不赚钱,卖别的东西给佛友,是否也算敛财?)卖其他的东西给佛友,这就算了。记住了,任何生意不能跟佛友做的。佛友是什么?什么叫佛友?学佛的朋友,学佛的,大家有友情的,对不对?(对)你学佛,任何东西只要在生意场上……你这不叫敛财啊?(如果是不收费不能算敛财,只要收费就算敛财,是吗?)对,佛友跟佛友,本身是学佛的朋友,我们的友谊,我们的感情,因为是佛把我们连在一起的,所以,离开佛了,只要有任何生意场上的东西,那你不叫借佛敛财啊?(是)就这个道理(嗯)

https://xlch.org/index.php?a=shows&catid=105&id=27772&t=1568207970074