[Surat Keraguan No. 4] Tanya Jawab No. 10
*[Jangan memaksa orang lain untuk bervegetarian]*

Tanya30: Mengenai anggota keluarga yang jodoh-nya masih belum sampai, Apakah kami boleh membantu menyiapkan dan merapikan makanan non vegetarian favorit dia (Yang tidak dibunuh) untuk menunjukkan bahwa ini sebagai tanda berbakti, perhatian dan agar dia tidak membenci kita?

Ataukah, demi kesehatannya, kita sebisa mungkin menyiapkan makanan vegetarian, dan tidak perlu mempedulikan apakah dia senang akan hal ini dan terus mengajak dia untuk bervegetarian?

Dalam kondisi ini, Yang mana yang bisa menanggung karma lebih berat, Apakah membantu merapikan makanan non vegetarian atau orang yang benar-benar menyiapkan makanan?

Master30: Jika dia masih belum ingin bervegetarian, masih belum memahami bahwa bervegetarian adalah hal yang benar, Jangan memaksa dia untuk bervegetarian, karena jika kamu memaksanya, lalu dia menolak, malah akan berbalik membenci kamu dan melakukan karma mulut.

Kamu boleh membiarkan dia sambil memakan makanan non vegetarian sambil meminta dia untuk membaca paritta untuk membangkitkan tingkat kesadaran-nya.

Jika tidak, dia akan tetap memakan makanan non vegetarian, bahkan mengajak kamu untuk mengikutinya memakan makanan non vegetarian.

Maka dari itu, Belajar Dharma harus Sui Yuan, jangan memaksa orang untuk melakukan suatu hal.

Membantu menyiapkan makanan non vegetarian, jika hidangan itu berasal dari binatang yang masih hidup, maka karma orang yang membunuh binatang itu sangat berar;

Tetapi jika bukan binatang yang masih hidup, maka karma orang yang memakan hidangan ini yang berat.

千万不可强制他人吃素(台长开示佛友玄学问题(四))

问30:有关度了很久但缘分未到的家庭成员,我们是否仍应依他喜好,常为他安排和处理他所喜爱的非活杀荤食,以示他所认同的孝心或爱心,免他反感?还是以真正为他身心健康出发,尽量多安排素食,不要介意他怀恨在心,仍继续度他呢?在这种情况下,帮助处理荤食的人(非活杀),和真正食用的人,谁背的业重?

答30:如果他还不想吃素,不认为吃素是对的,千万不能强制他吃素,因为你强制他,他会反弹、会恨你、会造口业。可以让他一边吃荤,你一边念经启发他的悟性。否则他非但自己吃荤,还会想让你也吃荤。所以学佛要随缘,不能强制别人做什么事情。帮助处理荤食的人,如果是活杀的,杀的人业很重;不是活杀的,就是吃的人业重。