Wenda20120101
*[Kunci emas hati welas asih bisa membuka segala pintu]*

Tanya: Master pernah menjelaskan mengenai “Sad Paramita”, yaitu Dana Paramita, Sila Paramita, Kshanti Paramita, Viriya Paramita, Dhyana Paramita dan Prajna Paramita, semua ini adalah urutan dalam pembinaan diri.

Apakah bisa dipahami seperti ini: Misalnya ketika kita telah melakukan Dana Paramita sampai dititik tertentu, maka akan lebih mudah untuk melakukan Sila Paramita?

Master: Benar sekali.

Tanya: Kemudian, ketika kita telah melatih Sila Paramita hingga di titik tertentu, maka akan lebih mudah melakukan Kshanti Paramita.

Master: Benar sekali, Wah, Gadis kecil, kamu pintar yah!

Tanya: Saya melihat para teman sedharma yang terus membaca paritta dan membina diri, Terkadang mereka memiliki sikap mengeluh dan menyalahkan diri sendiri, mengeluarkan perkataan seperti:

“Mengapa sampai saat ini saya masih belum bisa menahan emosi saya?”
“Mengapa sangat susah merubah sifat buruk?”
“Mengapa tidak bisa bervegetarian?”

Sebenarnya, disaat kita susah untuk merubah sifat buruk kita, yaitu Kshanti Paramita, Apakah itu adalah pertanda bahwa kita harus lebih banyak melakukan Dana Paramita dan Sila Paramita?

Master: Benar sekali!

Tanya: Disaat kita masih belum bisa bervegetarian, Apakah seharusnya kita lebih banyak melakukan Dana Paramita?

Master: Menjalankan Dana Paramita itu bisa menghilangkan keserakahan, kebencian dan kebodohan, ini adalah pembinaan diri dari segi materi;
Dari segi jiwa itu adalah hati welas asih, karena kunci emas hati welas asih ini bisa membuka semua pintu.

Disaat kamu masih belum ingin bervegetarian, kamu bisa menggunakan kewelasasihan hati kamu melihat para binatang, membayangkan kaki ayam seperti tangan anak kecil, ikan sarden kalengan seperti peti mati, dan begitu hati welas asih kamu terbuka, maka secara otomatis kamu tak lagi ingin memakan binatang itu, tidak lagi ingin memakan daging.

Darimana datangnya hati welas asih? Yaitu Da Bei Zhou dan Xin Jing.

Tanya: Berkat dari Pu Sa?

Master: Benar!

慈悲心的金钥匙可打开所有的门(2012年1月01日玄艺问答)
听众:台长您说过“六度般罗蜜”,即布施、持戒、忍辱、精进、禅定、般若,是修行的次第,是不是可以这样理解:假如我们布施到一定程度,持戒就会比较容易?
台长:完全正确。
听众:然后当我们持戒到一定程度,也能够比较自然就忍辱了。
台长:完全正确,小姑娘不错!
听众:我看到很多同修在念经、修行的时候,有时候会抱怨,会很自责:“怎么到现在我还是忍不住要生气啊?”“为什么还是很多习性难改?”“为什么不能吃素啊?”其实当我们习性难改的时候,也就是忍辱不够的时候,是不是可以考虑多持戒,多布施?
台长:完全正确!
听众:当我们不能吃素的时候,也是应该多布施?
台长:用布施的方法可以去除贪、除瞋、除痴,这是在物质上的修行;在心灵上要用慈悲心,因为有慈悲心这个金钥匙,可以打开所有的门。当你还不想吃素的时候,你可以用慈悲心想想看那些动物——你吃的凤爪像小孩子的手,沙丁鱼罐头像棺材,慈悲心一到你就不想吃活物了,就不想吃荤了。慈悲心是怎么来的?就是大悲咒,心经。
听众:菩萨的加持?
台长:对!