Wenda20120513B 02:12
*[Apa yang dimaksud dengan ikrar besar? Bagaimana cara memperkenalkan ajaran Dharma ke orang lain]*

Telp: Bagaimana cara berikrar besar bagi kami yang membina diri dari rumah?

Master: Misalnya, boleh mencetak buku lah, “Saya ingin agar lebih banyak orang lagi yang mengetahui Dharma, mengenal aliran ini, saya ingin menyebarkan Aliran XLFM Guan Shi Yin Pu Sa, saya ingin lebih banyak orang lagi yang membaca paritta”, tapi membuat ikrar seperti ini harus dijalankan, dan menyebutkan angkanya, itu lebih berkhasiat.

Jika tidak menyebutkan angka dan hanya mengatakan sekedarnya, tidak begitu berkhasiat.

Misalnya: Di dalam setahun saya bersiap-siap akan memperkenalkan aliran ini kepada berapa banyak orang, atau saya bersiap-siap akan mencetak berapa buku untuk dibagikan secara gratis.

Telp: Tetapi, saya agak khawatir jika mengatakan, “Saya ingin memperkenalkan berapa banyak orang”, bagaimana jika mereka tidak mau mengikuti aliran ini?

Master: Hanya seperti memperkenalkan kepada teman saja, Apakah mereka benar-benar mengikuti aliran ini atau tidak, maka itu sudah beda hal lagi, yang terpenting adalah Apakah kamu sudah mencoba untuk memperkenalkannya atau tidak?

Itu berarti sudah terhitung, misalnya, kamu mengatakan kepada seseorang, “Saya ingin menceritakan kamu suatu hal (Mengenai Aliran XLFM)”

Jika orang itu setidaknya sudah mengetahuinya, itu sudah cukup, dan setelah dia mengetahuinya lalu apakah dia benar-benar menjalaninya atau tidak, itu sudah bukan kuasa kamu lagi.

Ini yang disebut dengan memperkenalkan dharma.

Master sendiri pun dalam memperkenalkan Dharma, masih ada orang yang tidak mau mendengar bahkan tidak mempercayainya.

Telp: Saya mengira mereka harus benar-benar membaca paritta dan membina diri.

Master: Apakah jika kamu menjadi mak comblang, itu berarti kamu harus membuat orang itu menikah dan mempunyai anak yah? Mana ada seperti itu?

Kamu hanya memperkenalkannya saja, setelah itu tergantung kepada jodoh dia dengan aliran XLFM.

Telp: Benar, Terima kasih Master.

Wenda20120513B 02:12 什么是许大愿?怎样是度人

听众:像我们这种在家修行的人,什么叫大愿?

台长:比方说印书啦,“我要让更多的人看到、知道这个法门,我要弘扬观世音菩萨的心灵法门,我要让更多的人念经”,这种都是大愿,然后“我要出去度人”,但是不是开玩笑,要讲的,如果讲出数字来,就灵,如果不讲出数字来,泛泛地讲,不灵的。比方说:一年我准备度多少个人,或者我准备印多少书去结缘(但是有点怕如果说“我度多少多少人”,到时候度不了这么多人怎么办呢?)就像介绍朋友一样,介绍了,人家成功不成功是另外一回事,你介绍了没有啊?你度人了,跟人家说“我给你讲过这事情了,你知道了”,知道后他修不修那你没办法了。这就叫度人了呀。那台长天天在度人,也有的人不听、不相信(我以为度人一定要让他念经、修行)你介绍朋友一定要让人家生宝宝啊?哪有这个事情啊?度人是这么度的,但是他有没有这个缘呢?(对,谢谢台长)