Wenda20130111
*[Bagaimana cara mengurus kulit sofa, baju kulit, sepatu kulit, dan lain-lain sebagainya]*

Tanya: Saya sudah Full Vegetarian, lalu apa yang harus saya lakukan dengan kulit sofa, baju dan sepatu kulit?

Master: Pertama-tama tidak perlu memikirkan hal ini, karena sudah menjadi benda, dan kamupun juga adalah seseorang yang melatih diri di rumah dan bukan seorang biksu.

Jika berstatus sebagai biksu, maka tidak boleh mengenakan sepatu kulit, hanya boleh sepatu yang dari kain, karena seorang biksu memiliki hati welas asih.

Saya berikan contoh sederhana, semakin tinggi tingkat kesadaran kamu, bukankah persyaratan terhadap diri sendiri juga akan semakin tinggi?

Tapi, sekarang kamu masih membina hati, masih seseorang yang membina diri di rumah, bukankah sehari-hari kamu masih harus menjalani kehidupan normal, benar tidak?

Jika kamu memiliki sofa kulit, maka jangan membayangkan bahwa kamu sedang menduduki tubuh binatang, dengan begitu tidak akan ada masalah.

Karena setidaknya, kamu tidak membunuh binatang ini dan bukan kamu yang membeli kulit ini, tetapi orang lain lah yang membuat kulit ini untuk dijadikan sofa dan kamu hanyalah sebagai seorang pembeli saja, karma kamu lebih ringan.

Inilah yang disebut dengan istilah “Tiga daging bersih” (三净肉)

如何处理皮沙发、皮衣、皮鞋等(2013年1月11日玄艺问答)

听众:我已经全素了,那么家里沙发、皮衣还有皮鞋应该怎么办?

台长:首先不要去想它,已经是了,你毕竟是在家居士,不是出家法师。出家法师皮鞋不能穿的,只能穿布鞋,人家有慈悲心。举个简单例子,你修心修得境界越高,是不是对自己的要求越高?你现在修心,你是在家居士,你还要过正常人的生活对不对?你家有皮沙发什么,你不要去想我坐在动物身上,那就问题不大,因为这个动物毕竟不是你杀的,毕竟不是为你买的,是人家做出来之后,你才去买回来的,你的业就轻一点,这就是人家说吃三净肉一样的。