Wenda20130526B 01:03:25
*[Apa batasannya ketika kita sedang membantu teman sedharma memberitahukan kesalahan mereka]*

Telp Wanita: Biasanya ketika kita sedang membantu para teman sedharma, jika mereka ada melakukan kesalahan maka kita akan langsung memberitahukannya.

Ada beberapa orang yang susah memperbaiki sifat buruknya, berkali-kali kami memperingatkan kesalahannya, dan dia akan menjadi kesal. Apakah Shifu bisa memberikan kami petunjuk apa batasannya ketika kita melakukan hal ini?

Master: Sangat mudah, jika apa yang kamu katakan tidak bisa diterima oleh orang lain, itu pertanda kamu sudah melewati batas;

Jika orang itu bisa menerima apa yang kamu sarankan, maka cara yang gunakan benar dan di waktu yang tepat, sesuai dengan aturannya.

Jika apa yang kamu kira bahwa itu adalah sebuah strategi yang baik, tapi malah berakibat orang itu menjadi tidak suka, maaf, maka itu bukanlah sebuah strategi yang baik.

Telp: Sudah mengerti.

Master: Jadi bagaimana melihat batasannya, tujuannya adalah berhasil melintasi dia, tidak peduli dengan cara apa yang kamu gunakan, asalkan kamu berhasil melintasi dia, dan dia berhasil menerima apa yang kamu katakan, bisa berhasil membuat dia baik-baik melatih diri dan membaca paritta, maka itu artinya kamu berhasil menjaga batasan ini;

Jika kamu malah membuat dia tidak belajar Dharma, tidak membaca paritta dan melatih hati, maka itu berarti kamu sudah melewati batas.

wenda20130526B 01:03:25
帮助同修指出错误时如何把握尺度
女听众:我们平时在帮助一些同修的时候,如果对方做错了我们就要及时指出。有的人习气难改,我们反复地提醒他会烦,如果善用妙法的话,这个尺度怎么把握,师父能不能指点一下?

台长答:很简单,如果你的妙法上去对方不接受,说明这个尺度已经不对了;如果你这个妙法上去人家能够接受,说明你这个妙法正好、顺时,这叫合情合理,用佛法讲叫如理如法。如果你自己以为是妙法,但是你上去之后让人家很反感,对不起,你这个不是妙法(明白了)所以怎么样来把握尺度,就是以度人为主,不管你用什么方法,你能度到他,你能够让他接受,能够让他好好修行念经,那么本身就是你这个尺度掌握得很好;如果你让他不学佛不念经不修心,那么说明你这尺度已经过量了。

https://xlch.org/index.php?a=shows&catid=105&id=8328&t=1572858157905