Wenda20140502 01:08:50
*[Ketika melepaskan makhluk hidup, Bagaimana melakukan permohonan agar pelepasan ini bisa dirubah menjadi pahala]*

Tanya: Shifu, Apakah pelepasan makhluk hidup yang kita lakukan bisa dirubah menjadi balasan berkah?

Master: Sudah pasti, bisa menjadi balasan berkah, karena kamu tidak ada pahala, maka perbuatan itu akan dirubah menjadi balasan berkah.

Tanya: Jika pahala dari melakukan pelepasan makhluk hidup habis, berkah pun juga sudah habis…. Kami di duniawi ini membina diri mengumpulkan pahala agar setelah meninggalkan duniawi ini bisa naik ke Alam langit yang lebih tinggi atau mendapatkan posisisi yang lebih besar kan?

Master: Benar.

Tanya: Saya ingin bertanya Shifu, pelepasan makhluk hidup yang kita lakukan dirubah menjadi balasan berkah, Apakah karena rejeki kita kita cukup kah? Atau ada alasan lainnya?

Master: Rejekinya tidak cukup, Kedua hal ini saling mendukung satu sama lain.

Seseorang yang berkahnya tidak cukup, berarti tidak memiliki rejeki, dan seseorang yang rejekinya tidak banyak, maka dia tidak memiliki pahala. Hanya seseorang yang memiliki rejeki baru ada pahala.

Tanya: Disaat melepaskan makhluk hidup, kami berharap agar pahala yang didapatkan bisa ditabung, dan pahala ini bisa digunakan untuk mendapatkan tingkat pembinaan lebih tinggi di 4 Alam Suci nanti.

Tetapi, terkadang Shifu mengatakan kepada orang lain, “Pelepasan makhluk hidup yang kamu lakukan telah berubah menjadi balasan berkah.”

Master: Dirubah menjadi balasan berkah, karena disaat dia melakukan pelepasan makhluk hidup, dia memohon akan suatu permintaan.

Tanya: Bagaimana jika kami tidak melakukan permohonan?

Master: Itu baru akan menjadi pahala.

Tanya: Oh begitu, jadi jika memohon sesuatu akan dirubah menjadi berkah? Baik, saya sudah paham, jadi jangan melakukan permohonan disaat melepaskan makhluk hidup.

Master: Karena kamu sama seperti seorang Bodhisattva yang welas asih, dan itu akan membuat semua pelepasan yang kamu lakukan dirubah menjadi pahala;

Jika kamu memohon kesehatan atau permohonan lainnya, maka balasan berkah itu akan memberikan kamu kesehatan, dan setelah kesehatan kamu membaik, bukankah itu adalah rejeki kamu?

Tanya: Shifu, bagaiamana jika kita memohon “Agar terhindar dari malapetaka dan bencana”, Apakah ini termasuk permohonan?

Master: Jika ingin memohon agar terhindar dari malapetaka dan bencana, memperpanjang umur, maka kamu harus menambahkan satu kalimat dibelakangnya,

*”Memohon kepada Bodhisattva memberkati saya agar terhindar dari malapetaka dan bencana, memberikan lebih banyak waktu untuk saya hidup di dunia manusia ini, agar saya bisa menyebarkan Dharma kepada lebih banyak orang lagi”,*

Jika mengatakan permohonan itu, maka akan menjadi pahala. Tapi jika tidak disebutkan, dan hanya sebatas memohon “Memberkati agar saya terhindar dari malapetaka dan bencana”, maka akan memberikan kamu rejeki.

Bukankah kamu adalah seseorang yang memiliki banyak berkah jika umur kamu Panjang dan terhindar dari bencana? Tetapi semua berkah ini akan habis kamu gunakan di duniawi.

放生时如何祈求让放生转为功德(2014年5月2日玄艺问答)
听众:师父,放生会转为福报吗?
台长:当然了,也会转为福报的,因为你没有功德就是福报了。
听众:那放生的功德用完了,福报享尽了……我们修心积功累德,能上更高的天或者果位更大?
台长:对。
听众:我想问师父,放生转为福报了,是因为福报不够还是怎么样?
台长:福报不够,相辅相成的。福报不够,没有福气,没有福气这个人就不会有功德,有福气的人会有功德。
听众:我们放生就是想把功德一直储存在那里,当我们上四圣道去的时候能够果位更大一点,有时候师父说“你放生了,转为福报了”。
台长:放生转为福报,就是因为他放生的动机不纯,是有求的。
听众:那我们没有求呢?
台长:那就是转为功德了。
听众:哦,有求就是转为福报?懂了,放生就是不要求。
台长:你是一种慈悲心,跟菩萨一样,那你全部转为功德;如果你今天说是为了求身体,求什么,那么就转到你身上了,身体好了不就是福报了吗?
听众:师父,我们放生求菩萨保佑我们消灾延寿,这个是求吗?
台长:消灾延寿,你一定要讲一句话“求菩萨保佑我消灾延寿,给我在人间更多的时间,让我度更多的人”,就成为功德了。如果你这几句话不讲,就“保佑我消灾延寿”,那就给你福德了。因为延寿了,帮你消灾了,你不就是福气好了吗,但是人间就享光了啊。

https://xlch.org/index.php?a=shows&catid=105&id=3023&t=1597901901833