Wenda20140629B 25:20
*[Tidak ada kemungkinan di zaman masa akhir Dharma bisa langsung tercerahkan saat itu juga]*

Telp Wanita: Di kitab suci mengatakan ketika Sang Buddha membabarkan Dharma kepada para murid, ada seorang pangeran langsung tercerahkan sampai ke tingkat XX, apakah kejadian ini bisa juga tercapai ketika acara seminar Dharma Shifu?

Master: Untuk sekarang ini, itu adalah hal yang tidak mungkin terjadi.

Pada saat itu adalah masa Zheng Fa Buddha Sakyamuni, ketika ada orang yang mendengarkan Dharma pada saat itu bisa langsung mendapatkan pencerahan.

Dan di zaman Xiang Fa sudah sangat jarang. Masa Xiang Fa adalah masa setelah Buddha Sakyamuni parinibana, orang-orang hidup seperti Bodhisattva, mereka semua bekerja keras melatih diri untuk menjadi seorang Bodhisattva, inilah yang disebut “Xiang Fa Shi Qi” (Masa Xiang Fa).

Dan sekarang disebut “Mo Fa Shi Qi”, pada masa ini, banyak orang yang akar kepribadiannya sangat buruk, kebijaksanaannya sangat rendah, okeh karena itu jika ingin pada saat itu langsung tercerahkan, langsung menjadi Buddha, sangat tidak mungkin akan ada kejadian seperti ini.

Telp: Mengerti.

wenda20140629B  25:20  
在末法时期当场开悟没有可能
女听众:经书上说佛给弟子等开示说法的时候,有亲王立刻证得某某果位的,那这种情况是否现在也会出现在师父的法会上呢?
台长答:现在是不可能的。过去在佛陀那个正法时期的时候,有人听佛讲法,马上可以证得果位的。但是在像法时期已经很少了。像法时期就是佛陀涅槃之后,大家都像菩萨,都在努力地模仿去做菩萨,这是叫“像法时期”。现在叫“末法时期”,人几乎都劣根性很重,智慧很差,所以要想当场立刻开悟,立刻成佛,几乎没有这个可能了(明白了)

https://xlch.org/index.php?a=shows&catid=105&id=3656&t=1553522659256