Wenda20141130A 48:41
*[Tidak boleh sembarangan berikrar, jika tidak bisa menyelesaikannya, maka ikrar yang diucapkan selanjutnya tidak akan ada kekuatan]*

Tanya: Kesehatan teman sedharma tidak begitu baik. Dia sudah membaca paritta begitu lama tapi tidak bisa menghafal paritta Da Bei Zhou dan dia sendiri pun tidak tahu alasannya. Tetapi dia masih terus berusaha dan terus membaca paritta, PR dan hadir disetiap acara kegiatan belajar Bersama, dia pun juga membaca BHFF dan benar-benar tekun dan rajin, sangat sangat rajin.

Alasan kesehatannya tidak membaik adalah karena dia pernah berikrar di hadapan Guan Shi Yin Pu Sa bahwa dia akan membaca berapa lembar XFZ, tetapi dia tidak bisa menyelesaikannya.

Dan saya pun menyadari bahwa ada sebagian teman sedharma yang memiliki masalah seperti ini juga, termasuk teman sedharma di luar negri yang pernah saya ketemui, juga seperti ini.

Akhirnya, masalah dia semakin banyak, semua ini karena dia telah berikrar dan tidak sanggup menyelesaikannya. Inilah akibat yang harus dia terima karena telah salah jalan, dan akhirnya masalah dia semakin lama semakin banyak.

Apakah Shifu bisa membantu memberikan wejangan?

Master: Dewa Pelindung Dharma tidak akan menolong orang semacam ini, inilah alasan mengapa kesehatannya terus menurun, tidak boleh sembarangan berikrar.

JIka tidak bisa menyelesaikan ikrar yang telah diucapkan, maka ikrar selanjutnya tidak aka nada kekuatannya.

Saya berikan contoh, Kamu pernah mendengar cerita “Serigala datang” kan? Di akhir cerita, Siapa yang akan membantu kamu disaat kamu mengatakan “Serigala datang!”?

Tanya: Benar, saya pun juga sudah menjelaskan hal ini kepada dia, tetapi memang begitulah ceritanya.

Master: Minta dia untuk bertobat.

Tanya: Benar, selanjutnya tidak akan berani sembarangan berikrar, harus berhenti, lalu bertobat, kemudian sebisa mungkin menjalankannya.

Master: Benar.

Wenda20141130A 48:41许愿不能乱许,许下的愿完不成,下一个愿就没有愿力了
听 众:同修经常不舒服,经常身体不是特别好。念经念了这么长时间,大悲咒都背不出来,也不知道为什么。但是她还是很努力,一直在念,做功课啊,共修什么的都 会来,也会去看白话佛法,一直很努力的,确实很努力。她就是因为有的时候不舒服,就会跟观世音菩萨许愿她要念多少张小房子,但实际上她根本念不出来,这种 情况我发现一些同修都会出现,包括海外的我也有接触,也有这样的。最后就引发比较严重的问题,就是因为她许了愿,又完不成,就好像饮鸩止渴一样的,最后问 题越来越大,师父能不能开示两句?
台长:这种人护法神不会帮她的,所以她毛病越来越多,许愿不能乱许,许下的愿完不成,下一个愿就没有愿力了。举个简单例子,“狼来了”的故事听过吗?你每次都“狼来啦!”,最后人家还会帮你吗?(是,我已经说她了,但是她事情已经这样了)忏悔啊(对,以后不能乱许愿,一定要停止,然后忏悔,然后尽量的补上)对。