Wenda20180325A 39:35
*[Tingkat pembinaan tertinggi dalam membaca PR adalah tidak memohon apapun]*

Telp Wanita: Belakangan ini saya bertemu beberapa teman sedharma memberitahu saya bahwa tingkat pembinaan tertinggi ketika membaca pr adalah tidak memohon apapun, langsung membaca paritta saja, kemudian Bodhisattva akan welas asih membantu mengaturnya untuk kamu. Saya tidak tahu apakah pernyataan seperti ini benar? Mohon wejangan welas asih dari Shifu.

Master: Pernyataan seperti ini sudah pasti boleh, pernyataan ini benar, membaca sampai tingkat tertinggi adalah tidak memohon apapun.

Jika kamu masih ada permohonan artinya di dalam hati masih ada hambatan, jika kamu tidak ada permohonan berarti itu tingkat tertinggi.

Kamu adalah seorang manusia, bagaimana mungkin tidak ada permohonan? Tetapi Bodhisattva mengetahui kamu ini tidak ada permohonan.

Ambil contoh sederhana, hari ini kamu pergi bertemu dengan atasan, kamu tidak perlu berkata ingin memohon apa. Kamu pergi mengunjungi dia, sang atasan menjadi bahagia, bukankah atasan akan membantu kamu mengatur sesuatu? Seperti ini konsepnya.

【念功课的最高境界就是无求】

女听众:最近我遇到几个同修告诉我,说念功课的最高境界就是不要祈求,直接念就行,然后菩萨就会慈悲安排了。我不知道这个说法可以吗?请师父慈悲开示。

台长答:这个说法当然可以,这个说法是对的,念到最高境界就是无求。你有求就是在心里还是有罣碍,你无求就是最高境界。你是人,怎么可能无求呢?但是菩萨就知道你这个人无求。举个简单例子,你今天去看一个领导,你不要说求他做什么事情。你去看望他,领导很开心,领导会不会帮你安排?这一样的道理。

Wenda20180325A 39:35