[Vegetarian] Bag 2.4 Bagaimana agar bisa berhenti memakan makanan non vegetarian dan bervegetarian

Bab 4 Bagaimana agar bisa berhenti memakan makanan non vegetarian dan bervegetarian
第四章 如何才能戒荤吃素


1. Wenda20120101
*[Kunci emas hati welas asih bisa membuka segala pintu]*

Tanya: Master pernah menjelaskan mengenai “Sad Paramita”, yaitu Dana Paramita, Sila Paramita, Kshanti Paramita, Viriya Paramita, Dhyana Paramita dan Prajna Paramita, semua ini adalah urutan dalam pembinaan diri.

Apakah bisa dipahami seperti ini: Misalnya ketika kita telah melakukan Dana Paramita sampai dititik tertentu, maka akan lebih mudah untuk melakukan Sila Paramita?

Master: Benar sekali.

Tanya: Kemudian, ketika kita telah melatih Sila Paramita hingga di titik tertentu, maka akan lebih mudah melakukan Kshanti Paramita.

Master: Benar sekali, Wah, Gadis kecil, kamu pintar yah!

Tanya: Saya melihat para teman sedharma yang terus membaca paritta dan membina diri, Terkadang mereka memiliki sikap mengeluh dan menyalahkan diri sendiri, mengeluarkan perkataan seperti:

“Mengapa sampai saat ini saya masih belum bisa menahan emosi saya?”
“Mengapa sangat susah merubah sifat buruk?”
“Mengapa tidak bisa bervegetarian?”

Sebenarnya, disaat kita susah untuk merubah sifat buruk kita, yaitu Kshanti Paramita, Apakah itu adalah pertanda bahwa kita harus lebih banyak melakukan Dana Paramita dan Sila Paramita?

Master: Benar sekali!

Tanya: Disaat kita masih belum bisa bervegetarian, Apakah seharusnya kita lebih banyak melakukan Dana Paramita?

Master: Menjalankan Dana Paramita itu bisa menghilangkan keserakahan, kebencian dan kebodohan, ini adalah pembinaan diri dari segi materi;
Dari segi jiwa itu adalah hati welas asih, karena kunci emas hati welas asih ini bisa membuka semua pintu.

Disaat kamu masih belum ingin bervegetarian, kamu bisa menggunakan kewelasasihan hati kamu melihat para binatang, membayangkan kaki ayam seperti tangan anak kecil, ikan sarden kalengan seperti peti mati, dan begitu hati welas asih kamu terbuka, maka secara otomatis kamu tak lagi ingin memakan binatang itu, tidak lagi ingin memakan daging.

Darimana datangnya hati welas asih? Yaitu Da Bei Zhou dan Xin Jing.

Tanya: Berkat dari Pu Sa?

Master: Benar!

1.慈悲心的金钥匙可打开所有的门(2012年1月01日玄艺问答)
听众:台长您说过“六度般罗蜜”,即布施、持戒、忍辱、精进、禅定、般若,是修行的次第,是不是可以这样理解:假如我们布施到一定程度,持戒就会比较容易?
台长:完全正确。
听众:然后当我们持戒到一定程度,也能够比较自然就忍辱了。
台长:完全正确,小姑娘不错!
听众:我看到很多同修在念经、修行的时候,有时候会抱怨,会很自责:“怎么到现在我还是忍不住要生气啊?”“为什么还是很多习性难改?”“为什么不能吃素啊?”其实当我们习性难改的时候,也就是忍辱不够的时候,是不是可以考虑多持戒,多布施?
台长:完全正确!
听众:当我们不能吃素的时候,也是应该多布施?
台长:用布施的方法可以去除贪、除瞋、除痴,这是在物质上的修行;在心灵上要用慈悲心,因为有慈悲心这个金钥匙,可以打开所有的门。当你还不想吃素的时候,你可以用慈悲心想想看那些动物——你吃的凤爪像小孩子的手,沙丁鱼罐头像棺材,慈悲心一到你就不想吃活物了,就不想吃荤了。慈悲心是怎么来的?就是大悲咒,心经。
听众:菩萨的加持?
台长:对!


2. Master Jun Hong Lu memberikan wejangan kepada seluruh Murid dari seluruh dunia untuk yang pertama kalinya
*[Tidak perlu harus lulus ujian mimpi baru berikar Vegetarian]*

Tanya8: 1 Juli, Saya mulai untuk menjadi seorang Full Vegetarian, tetapi saya masih belum berikrar. Master pun pernah mengatakan jika seseorang hany bervegetarian tapi tidak berikrar itu hanyalah sekedar hobi saja, tidak ada pahalanya. Karena saya tidak lulus pada ujian mimpi kemarin.

Master: Menjadi seorang Full Vegetarian adalah langkah pertama welas asih.

Jika kamu sudah bervegetarian walaupun belum berikrar, itu sudah sebuah kemajuan yang pesat.
Jika kamu tidak berikrar, maka yang rugi adalah diri kamu sendiri, karena kamu bisa memohon untuk suatu hal yang besar.

Selanjutnya, jika ada kesempatan, kamu boleh berikrar sedikit demi sedikit, setidaknya dengan melakukan hal ini, hati kamu lebih tenang. Setelahnya jika kamu sudah memiliki tekad untuk bervegetarian full, boleh berikrar.

Jika setelah kamu berikrar dan terjadi hal diluar kuasa, jika Pu Sa dan Dewa Pelindung Dharma memaafkan kamu atas hal ini, itu berarti kamu tidak berdosa.

Misalnya, jika ada seseorang yang sengaja memasukkan daging di makanan hanya untuk melihat apakah kamu bisa menelannya atau tidak. Jika ini dilakukan oleh anggota keluarga kamu yang masih memakan makanan non vegetarian, kamu jangan berbalik marah ke mereka, jika tidak, itu malah akan mempengaruhi pandangan mereka terhadap Ajaran Buddha.

Jadi terkadang kita harus bersikap Sui Yuan, saat waktunya sudah tiba, maka secara otomatis mereka akan menjadi Full Vegetarian, jika waktu masih belum sampai, bervegetarian setiap tanggal 1 dan 15 sudah cukup bagus.

Tidak harus bisa terlebih dahulu lulus di ujian mimpi baru berikrar Full Vegetarian.

2.无需待梦考过了才许愿吃素(卢台长给全世界弟子第一次的开示)
问8:弟子七月一号开始吃全素,但是还没许愿,知道台长说过如果吃全素不许愿就只是个人兴趣而已,没有功德。因为上次梦考没过。
答8:吃全素就是慈悲的第一步。你如果没有许愿但是已经吃全素的,那是很大的进步。你如果没有许愿的话,那吃亏的是你自己,因为你本可以求一个很大的事情。那就以后有机会慢慢的许愿,至少你的心很静,然后许愿你以后一辈子吃素了,有这点就可以了。如果以后真的有什么特殊情况了,那菩萨如果原谅你就原谅你了,护法神原谅你的话你就不会有罪了。比如有人故意要在你吃的东西中放荤的看你吃不吃得出来。但是你家人都吃荤的话你也不用跟他们顶,否则反而影响他们对于佛教的看法。所以有时候就随缘,时间成熟了就可以吃全素,不成熟的话初一十五吃素也挺好的。没有说一定要梦考过才能许愿吃素的说法。


3. Master Jun Hong Lu menjawab surat pertanyaan keraguan No. 10
*[Harus berhati-hati dalam melakukan ikrar, Sui Yuan dan tidak boleh melanggar ikrar yang telah diucapkan]*

Tanya 72: Awalnya seorang teman sedharma berikrar vegetarian selama 20 hari dalam sebulan, tetapi karena keluarganya menentang, dia pun merubah ikrarnya menjadi 10 hari dalam sebulan dan sudah membaca Paritta Li Fo Da Chan Hui Wen sebanyak 49, Apakah boleh seperti ini?

Master: Pertama-tama, motivasi orang ini dalam bervegetarian bermasalah. Seharusnya sebelum berikrar, dia harus terlebih dahulu berpikir Apakah dia sanggup melakukan hal ini atau tidak. Jangan menggangap ini adalah sebuah candaan dan merubah ikrar yang telah diucapkan kepada Pu Sa!

Dia telah melanggar sila keserakahan, karena dia memiliki pikiran serakah ingin Full Vegetarian (Tetapi kondisinya masih belum memungkinkan untuk berikrar) agar permohonannya bisa dikabulkan Pu Sa, Tetapi akhirnya dia malah mengurangi jumlah hari untuk vegetarian.

Jalan satu-satunya hanya membaca paritta Li Fo Da Chan Hui Wen, semoga dia tidak lagi merubah ikrar barunya ini.

3.许愿吃素应慎重随缘,不可违愿(台长开示解答来信疑惑(十))
问72:同修本来许愿一个月要吃二十天的素,但是由于家里的反对,现在已经念了49遍礼佛大忏悔文,改成一个月吃十天的素。这样可以吗?
答72:首先这个人吃素的动机就有问题,在许愿之前就应该考虑清楚自己能否做到,不能变来变去跟菩萨开玩笑!这就是贪瞋痴中的愚痴!他也犯了贪,因为他贪著想要吃全素,可以有很多事求菩萨灵验,结果现在只能减少吃素的天数。没有办法中的办法就是念礼佛大忏悔文,希望他再次许愿的时候就不要再变了。


6. Wenda20121223
[Secara bertahap menjadi seorang vegetarian, setelah berikrar untuk bervegetarian, maka seharusnya berhenti untuk membunuh]

Telp: Masih ada satu pertanyaan terakhir, dalam sebulan saya 10 hari bervegetarian…

Master: Boleh. Jika selama 10 hari kamu bervegetarian, maka tidak boleh membunuh makhluk hidup, tidak boleh memakan segala macam makanan yang bernyawa.

Telp: Saya berikrar tidak membunuh dan tidak memakan hidangan laut yang hidup.

Master: Tidak hanya binatang laut yang hidup, juga tidak boleh memakan ayam dan bebek yang hidup, tidak boleh memakan apapun yang masih hidup.

Dan setelah sekian lama, kurangi makanan yang berdaging.

Telp: Kapan saya bisa menjadi seorang Full Vegetarian?

Master: Tak butuh waktu lama, suatu hari nanti disaat kamu merasa mual melihat daging, itu pertanda sudah boleh Full Vegetarian.

Telp: Tetapi saya tidak bisa melakukan ini karena pekerjaan saya. Di kantin tidak ada makanan yang hanya sayuran saja, semuanya tercampur dengan bawang putih dan daun bawang.

Master: Jika masih belum bisa, maka perlahan-lahan saja, jangan memaksa diri sendiri.

Jika keadaan kamu seperti itu, yang bisa dilakukan adalah bangun lebih pagi dan masak, atau beli sayuran, kue panggang, tahu kering, jamur, jamur shitake, pergi ke pasar dan beli sayur-sayuran.

Kamu juga boleh memakan telor, goreng telur lah, besok makan telur rebus lah, lusa makan daging sayuran, semuanya bisa, labu….. ada begitu banyak sayur-sayuran yang bisa dimakan, hanya perlu membuang sedikit waktu saja, bangunlah lebih pagi dan ini juga bisa menghemat uang.

6.随缘吃素循序渐进,许愿吃素后应戒杀(2012年12月23日玄艺问答)

听众:还有最后一个问题,我是一个月吃十天素……

台长:可以了。你如果吃十天素的话,就不能杀生了,任何活杀的东西都不能吃了。

听众:我就是许愿不杀生,不吃活海鲜。

台长:不止活海鲜,活的鸡啊鸭啊都不能吃,凡是活的都不能吃。以后时间长了,连一般荤的东西都少吃。

听众:我什么时候能吃全素啊?

台长:很快,等到哪一天你自己觉得厌恶这些肉了,就会吃全素了。

听众:可我是工作的关系,做不到呀。食堂里没有全素的菜,都是那种放过大蒜、葱什么的。

台长:做不到你就慢慢做啦,先不要逼着自己。那就只能以后早点起来自己做啊,或者买蔬菜啊,买烤麸、豆干、金针、木耳、买香菇,自己在蔬菜店买了配一配。鸡蛋可以吃吧,炒点鸡蛋啦,明天炖蛋啦,后天买点素肉,都可以换的嘛,冬瓜……有多少素的东西可以吃啊,就是自己稍微累一点,早点爬起来做呀,还能省钱。


7. Wenda20130104
[Apa yang harus dilakukan jika masih memiliki keinginan untuk memakan daging walaupun sudah berikrar untuk bervegetarian]

Telp: Ada seorang teman sedharma yang bersumpah menjadi seorang Full Vegetarian, dia sudah bervegetarian selama 1.5 tahun, tapi sekarang dia sedang hamil dan sepanjang hari ingin memakan daging, bahkan di dalam mimpi pun dia memakan daging, siang hari pun juga ingin memakan daging.

Kenapa bisa seperti ini?

Master: Ujian mimpi dan ujian kenyataan sedang diuji bersamaan, ini pertanda bahwa jodoh dia untuk bervegetarian masih belum sampai.

Sampaikan ke dia untuk perbanyak membaca paritta Xin Jing dan berusaha sebisa mungkin untuk jangan kembali memakan daging.

Sampaikan kepada dia untuk memakan daging nabati karena rasanya hampir mirip dengan daging, seperti sosis nabati, ayam nabati, ham nabati.

Sampaikan kepada dia untuk memakan makanan ini untuk membantu dia melewati cobaan ini.

Telp: Baik baik, Terima kasih atas penjelasan Shifu! Lalu, dari segi pembacaan paritta, Bagaimana caranya agar dia bisa menambah keyakinan, Apakah memperbanyak membaca paritta Xin Jing kah?

Master: Perbanyak membaca paritta Xin Jing, kemudian juga perbanyak membaca Da Bei Zhou, untuk meningkatkan kewelasasihan-nya.

7.许愿吃全素后想吃肉怎么办(2013年1月4日玄艺问答)

听众:有一位同修发愿吃全素的,已经吃了一年半的素,她现在怀孕了,天天想吃荤的,睡觉梦里边也在吃肉,白天也想吃肉,这个是怎么回事啊?

台长:梦考和现实考一起来了,说明她这个人本来吃素的缘分还没到。你要叫她多念心经,坚决不能吃回去的。叫她买那种素肉,跟荤的味道一样,素香肠啊,素鸡呀,素火腿呀,先叫她吃这些东西来帮助她越过这个关。

听众:好的好的,感恩师父开示!那么她在念经方面如何加强信心呢,多念心经吗?

台长:多念心经,还有要多念大悲咒,增加一点悲悯心,慈悲心。


8. Wenda20131018
[Apa yang harus dilakukan jika sudah berikrar untuk bervegetarian tapi lalu melanggarnya?]

Telp: Awalnya saya berikrar untuk bervegetarian setiap tanggal 1 dan 15, sehari-hari pun saya sebisa mungkin untuk bervegetarian.

Tetapi ada suatu kali, saya kembali ke kampung untuk mengunjungi mertua dan mereka menyiapkan makanan non vegetarian, saya ada sedikit melanggar ikrar.

Sekarang, setiap hari saya membaca 7x paritta Li Fo Da Chan Hui Wen, kemudian saya pun mengucapkan kembali ikrar vegetarian, Apakah boleh saya melakukan ini?

Master: Seharusnya kamu terlebih dahulu menyampaikan kepada mereka, bahwa beberapa waktu belakangan ini, Dokter meminta saya untuk bervegetarian.

Dengan begitu mereka tidak akan menyiapkan makanan non vegetarian untuk kamu.

Telp: Lalu, Apakah boleh jika sekarang setiap hari saya membaca paritta Li Fo Da Chan Hui Wen 7x selama seminggu?

Master: Boleh, tetapi setiap hari harus membaca 108x Wang Sheng Zhou selama sebulan.

Karma ini tidak ringan, membaca paritta Li Fo Da Chan Hui Wen adalah sedang bertobat kepada Pu Sa, mengatakan bahwa selanjutnya tidak akan mengulangi kesalahan ini lagi.

Dan selanjutnya, kamu tak boleh lagi melakukan ini, akan ada balasan karmanya.

Tunggu nanti setelah kamu menikah dan tidak bisa mempunyai anak, kamu baru akan mengetahui bahwa kamu sudah mendapatkan balasan karma.

Jangan makan apapun yang non vegetarian, calon mertua-mu pun juga tidak akan melarang putranya untuk mempersunting kamu, untuk apa sampai melakukan hal itu?!

Lalu, Bagaimana dengan Master (Jika melakukan perbuatan seperti penelepon ini), begitu banyak jamuan makan yang harus saya hadiri di Tiongkok, bukankah saya tetap tidak memakan makanan non vegetarian.

Apakah karena kamu telah bervegetarian, lalu calon suami tidak mau dengan kamu lagi kah? Lagipula, sekarang ini calon suami yang mempersunting kamu dan bukan kamu yang mempersunting dia.

8.许愿吃素后破戒了怎么办(2013年10月18日玄艺问答)

听众:我本来是许愿初一十五吃素的,平时我也尽量吃素。但是有一次回国见未来的婆婆,他们准备所有的东西都是荤的,我就有点破戒了。我现在每天念7遍礼佛大忏悔文,然后我重新许愿,这样可以吗?

台长:你其实应该提前跟他们讲的,最近一段时间医生让我吃素,他们就不会弄了。

听众:那我现在每天念7遍礼佛大忏悔文,念一个星期,这样可以吗?

台长:可以的,但是你的往生咒每天必须念108遍,要念一个月。这个业障不轻的,礼佛大忏悔文是跟菩萨忏悔,说以后绝对不怎么样。你以后真的不能这样了,会有报应的。等到你结了婚老生不出孩子的时候,你就知道这些报应来了。一顿饭就算不吃,她也不会不让儿子娶你的,这么面子拉不下来?!那台长呢,我在国内多少应酬,不是照样不吃啊。因为你吃素了,他就不要你了?再说现在是他求你,不是你求他。


10. Master Jun Hong Lu menjawab surat pertanyaan keraguan No. 4
*[Jangan memaksa orang lain untuk bervegetarian]*

Tanya30: Mengenai anggota keluarga yang jodoh-nya masih belum sampai, Apakah kami boleh membantu menyiapkan dan merapikan makanan non vegetarian favorit dia (Yang tidak dibunuh) untuk menunjukkan bahwa ini sebagai tanda berbakti, perhatian dan agar dia tidak membenci kita?

Ataukah, demi kesehatannya, kita sebisa mungkin menyiapkan makanan vegetarian, dan tidak perlu mempedulikan apakah dia senang akan hal ini dan terus mengajak dia untuk bervegetarian?

Dalam kondisi ini, Yang mana yang bisa menanggung karma lebih berat, Apakah membantu merapikan makanan non vegetarian atau orang yang benar-benar menyiapkan makanan?

Master30: Jika dia masih belum ingin bervegetarian, masih belum memahami bahwa bervegetarian adalah hal yang benar, Jangan memaksa dia untuk bervegetarian, karena jika kamu memaksanya, lalu dia menolak, malah akan berbalik membenci kamu dan melakukan karma mulut.

Kamu boleh membiarkan dia sambil memakan makanan non vegetarian sambil meminta dia untuk membaca paritta untuk membangkitkan tingkat kesadaran-nya.

Jika tidak, dia akan tetap memakan makanan non vegetarian, bahkan mengajak kamu untuk mengikutinya memakan makanan non vegetarian.

Maka dari itu, Belajar Dharma harus Sui Yuan, jangan memaksa orang untuk melakukan suatu hal.

Membantu menyiapkan makanan non vegetarian, jika hidangan itu berasal dari binatang yang masih hidup, maka karma orang yang membunuh binatang itu sangat berar;

Tetapi jika bukan binatang yang masih hidup, maka karma orang yang memakan hidangan ini yang berat.

10.千万不可强制他人吃素(台长开示佛友玄学问题(四))

问30:有关度了很久但缘分未到的家庭成员,我们是否仍应依他喜好,常为他安排和处理他所喜爱的非活杀荤食,以示他所认同的孝心或爱心,免他反感?还是以真正为他身心健康出发,尽量多安排素食,不要介意他怀恨在心,仍继续度他呢?在这种情况下,帮助处理荤食的人(非活杀),和真正食用的人,谁背的业重?

答30:如果他还不想吃素,不认为吃素是对的,千万不能强制他吃素,因为你强制他,他会反弹、会恨你、会造口业。可以让他一边吃荤,你一边念经启发他的悟性。否则他非但自己吃荤,还会想让你也吃荤。所以学佛要随缘,不能强制别人做什么事情。帮助处理荤食的人,如果是活杀的,杀的人业很重;不是活杀的,就是吃的人业重。


(2) Pilihan Kutipan Terbaik Bai Hua Fo Fa

1. Kita harus bisa mengontrol, menahan diri, disiplin dalam membina diri untuk menahan 5 macam keinginan duniawi, dengan begitu kita akan bisa membina diri dengan bahagia.

Kalian semua sudah mengerti mengenai 5 macam keinginan duniawi, sudah saya jelaskan di awal tadi.

Yaitu, kita tidak boleh serakah akan kedudukan dan keuntungan, kita harus bisa menahan dan mengontrol keinginan ini.

Misalnya, Saya sudah memahami untuk tidak boleh memakan makanan non vegetarian, tapi saya tidak bisa mengontrol diri, maka kita bisa menahan diri untuk hanya memakannya sedikit.

Jika masih belum bisa menahan diri, maka displinkan diri untuk terus mengontrol dan menahan keinginan ini.

Berusaha sebisa mungkin agar bisa bervegetarian setiap tanggal 1 dan 15, ini adalah untuk menahan diri, mengontrol diri dengan peraturan untuk bervegetarian selama 2 hari, kemudian menjadi 10 hari, lalu sebulan, akhirnya full vegetarian.

Hati yang dibina secara alami. Secara natural saya pun menerimanya, seperti bervegetarian, secara alami bisa menahan diri dari keserakahan dan keinginan akan makanan, ini lah yang disebut dengan membina diri dengan bahagia, yaitu menjalaninya dengan bahagia, membina diri dengan bahagia.

(二)白话佛法精选

 

1. 世界上的五种欲望我们要能控制、能节制,有规律地去修行,我们就是快乐行。五种欲望大家都知道,前面已讲过了。我们不要贪名利,我们要节制它,控制它。比如我明明不能吃荤腥,但是我控制不住,那我就节制,少吃一点。再不行我们就有规律地去控制它,有规律就是有节制地去控制它。让自己尽量初一、十五吃素,这就是有规律地节制,控制自己这两天吃素,然后我十天吃素,再来我一个月吃素,最后就可以吃全素了。自然而来的修心,就是很自然来的修心。我很自然地接受了,如吃素,很自然地节制了自己的贪欲、食欲等等这就叫乐行,就是快乐地行为,快乐的修行。

——《节制欲望,忍人所不能忍》


2. Tekad ke 4 disebut “Lv Yuan”.
Lv artinya berpikir, terus menerus berpikir tiada henti, dengan kata lain, kamu harus terus menerus mengingatnya agar tidak lupa.

Jika kamu sehari-hari tidak membaca paritta di rumah, setelah sekian lama, kamu tidak akan bisa menghafalnya.

Alasan mengapa kamu bisa menghafal paritta adalah karena setiap hari kamu terus memikirkannya.

Dan tekad saya ini adalah Harus setiap hari memikirkannya, Hari ini saya berkata kepada Guan Shi Yin Pu Sa bahwa di kehidupan ini saya akan bervegetarian.

Setiap hari saya harus terus berpikir bahwa saya adalah seorang vegetarian, saya tidak boleh memakan daging, maka ketika mendapat ujian mimpi pun, juga tetap akan berpikir bahwa saya adalah seorang Vegetarian, tidak boleh memakan daging.

Inilah yang disebut dengan “Tekad Ke-4”.

2. 第四愿叫“虑愿”,虑就是想、思虑,过滤,在脑子里不停地转来转去,就是你要经常反复地想你才不会忘却。如果你们不把一件事情放在脑子里你们很快就会忘记。你们如果不在家天天念经,时间一长,大悲咒跟心经你都会背不出来。这些经文你能够背得出来就是因为你天天在思虑。我这个愿力一定要天天想,我今天跟观世音菩萨说我这辈子吃素了,我就要天天想到我是一个吃素人,不能吃荤的,在梦中接受梦考的时候也要想到我吃素的,不能吃荤的。这就是“四愿”。

——《四净勤四愿力—卢台长给全世界弟子第三次的开示(一)》


3. Banyak kejadian yang tak terduga, manusia akan mengalami keberuntungan dan kemalangan.

Manusia hidup di dunia manusia ini tidak terlepas dari rintangan dan kesusahan.

Seseorang yang benar-benar menyebarkan Dharma dan menyelematkan semua makhluk, maka dia tidak akan berpenampilan seperti seorang Pu Sa, tetapi, dia akan menjadi seseorang yang memiliki jiwa dan raga, dan jika raganya tidak bisa mengalahkan jiwanya, maka dia hanyalah manusia biasa.

Jika jiwanya sangat murni, bisa mengalahkan raganya, maka dia adalah Dewa.

Karena dia tidak membuat keinginan untuk mengontrol dirinya, tetapi dia adalah seseorang yang bisa mengontrol keinginan. Tingkat kesadaran ini akan dicapai pada suatu titik pembinaan hati tertentu.

Jika kamu masih dikontrol oleh keinginan, maka kamu tidak akan bisa mengontrol raga.

Misalnya: Disaat kamu sudah menjadi seorang vegetarian, lalu kelaparan dan melihat seafood, Di situasi seperti ini, Apakah kamu bisa mengontrol diri dan nafsu untuk tidak memakannya?

Contoh lainnya, Kesehatan kamu tidak baik, apakah kamu bisa mengontrol diri untuk tidak memakan makanan yang tidak baik untuk kesehatan?

Seperti itu konsepnya.

4. 天有不测风云,人有旦夕祸福。人活在世上,劫难就不会离开你的身。真正弘法救度众生的人,不是把自己打扮成像菩萨一样,而是做一个真正有肉有灵的人,如果肉体战胜不了灵魂,他就是人。如果他的灵魂很纯洁,能够战胜自己的肉体,他就是一个神。因为他不被自己身体的欲望所控制,反而能够控制自己的欲望,这是修心到一定境界才能做得到的。如果你被自身的欲望所控制,那你就不能控制自己的身体。比如:你很饿的时候,看见那些海鲜,但知道自己是吃素的,这时能否控制住自己不动心,不吃。又如,明明你的身体不好,你能不能控制住吃,对自己身体不好,不该吃的食物,不吃。道理都是一样。

——《放下烦心,找到正觉》