*BHFF 11 Bab 42 Penjelasan Mengenai 10 Panggilan Nama Besar Buddha*

Selanjutnya, saya akan menjelaskan kepada kalian sebuah pengetahuan Dharma yang sangat bagus. Shifu ingin bertanya kepada kalian, Apa yang disebut dengan Buddha? Ada berapa macam Buddha? Sudah pasti Shifu tidak akan meminta kalian untuk menjawabnya, tapi ingin memberikan dua pertanyaan ini kepada kalian, dan selanjutnya Shifu yang akan menjawabnya.

Arti pertama dari Buddha adalah Orang yang sudah tercerahkan. Banyak orang yang tidak paham, dia berkata “Buddha” adalah Buddha, kalau begitu siapakah “Ru Lai Fo”?

Sekarang Shifu akan menjelaskan agar kalian paham. Buddha adalah orang yang tercerahkan, benar tidak?

Kalau begitu apa artinya “Ru Lai”? Sebenarnya Buddha juga disebut dengan panggilan “Ru Lai”, disebut “Ru Lai Fo” yaitu “Buddha”.

Sama seperti Professor dan Dosen Senior, Assisten Professor adalah Dosen Senior, hanya saja itu sebuah nama pekerjaan, beda di penyebutannya saja.

Sekarang kalian setiap hari membaca 《Li Fo Da Chan Hui Wen》 di bagian *”Na Mo Ru Lai Ying Gong, Zheng Bian Zhe, Ming Xing Zu, Shan Shi, Shi Jian Jie, Wu Shang Shi, Tiao Yu Zhang Fu, Tian Ren Shi, Fo, Shi Zun”* Apa artinya ini? Hari ini Shifu akan menjelaskan teori Dharma untuk kalian, Shifu akab menjelaskannya satu per satu.

Terlebih dahulu, Shifu menjelaskan kepada kalian gabungan antara berkembangnya nilai moral manusia dan pencerahan itu adalah Ajaran Buddha.

Jika menggunakan bahasa modern, Ajaran Buddha adalah mengajarkan hati dan mental manusia, mengajarkan nilai-nilai moral, agar kamu berubah menjadi lebih berkembang, agar di kehidupan masyarakat kamu lebih tercerahlan.

Kedua, Mengapa praktisi Buddhis belajar Dharma? Karena dari cerita Pangeran Siddharta menjadi tercerahkan, melihat kenyataan akan nyawa dan seluruh alam semesta, yaitu memahami bahwa akhir dari kehidupan di dunia dan alam semesta ini, dan kita harus melewati dari proses kehidupan dan kematian, memutuskan semua permasalahan, mendapatkan pencerahan sempurna, inlah yang dinamakan Belajar Dharma.

Kalian harus tahu, Pangeran Siddharta adalah Sang Buddha, mengapa harus menyebutkan nama ini? Karena Sang Buddha dimulai dari Pangeran Siddharta yang lalu mencapai pencerahan sempurna dan menjadi Buddha.

Apakah itu Buddha? Buddha adalah melewati seluruh kesusahan dan penderitaan dalam proses hidup dan mati, memutuskan semua permasalahan dan pada akhirnya tercerahkan.

Tercerahkan memang tercerahkan, tapi mengapa harus disebut “Jiu Jing” (sempurna)?

Ambil contoh sederhana, kita berpikiran terbuka, tapi berpikiran sepenuhnya, kata “Sepenuhnya” ini berarti Sempurna.

Pencerahan sempurna adalah, sepenuhnya saya tercerahkan, saya melepas segalanya, apapun yang terjadi, terjadilah, saya tidak peduli dengan segala perbuatan yang kalian lakukan kepada saya.

Saya sudah mengerti segalanya, saya tidak mau nama keuntungan, saya hanya mau seperti ini saja, apa yang bisa kamu ambil dari saya? Saya tidak mau mengambilnya janganlah kamu menggugat saya sampai ke pengadilan, ambil semua yang kamu suka, saya tidak mau apa-apa lagi setelah bercerai, ambil rumah dan uang jika kamu mau, saya sudsh tercerahkan, tidak mau apa-apa lagi, dan saya bahagia.

Seperti itulah, kamu sepenuhnya tercerahkan.

Mengapa Sang Buddha mengatakan setiap orang bisa menjadi Buddha?

Karena Sang Buddha berkata setiap orang memiliki sifat keBuddhaan, yang berada di dalam, oleh karena itu semua orang bisa menjadi Buddha dengan pelatihan diri.

Oleh sebab itu “Buddha” dan “Ru Lai” adalah sama. Sang Buddha berkata, setiap manusia memiliki sifat asli, sama dengan yang awalnya, Jika kata “Ru Lai” dibalik pun juga memiliki arti yang sama, maka “Buddha” adalah “Ru Lai”.

Selanjutnya akan menjelaskan kepada kalian “Ru Lai” adalah nama salah satu panggilan dari Buddha, kamu boleh menyebutnya “Buddha” juga boleh “Ru Lai”. Banyak orang yang menyebutnya menjadi satu yaitu “Ru Lai Fo”.

“Shei Jia Mo Ni Fo” juga bisa disebut dengan panggilan “Shi Jia Mo Ni Ru Lai Fo”, adalah “Sang Buddha”, Bentuk beliau ada disana, terapi nama panggilannya adalah “Buddha” dsn “Ru Lai”. Apakah kalian tahu nama lain dari Guan Shi Yin Pu Sa, yang salah satunya adalah “Ru Lai”? Disebut “Zheng Fa Ming Ru Lai”.

Kata “Buddha” ini, apakah kalian tahu diatas langit sana ada berapa banyak nama panggilan? Setiap Buddha memiliki 10.000 nama, karena makhluk hidup tidak bisa mengingatnya, kemudian dirubah menjadi 1000 nama, masih tidak bisa mengingatnya, inilah yang disebut “Berubah sesuai jaman peradaban”, Sang Buddha lalu berkata, sekarang menjadi 10 panggilan saja.

Oleh karena itu Nama Buddha sekarang ada 10. Sebenarnya, Panggilan Nama Buddha adalah yang Nama Buddha setiap hari kita panggil, kalian semua boleh menyebutkannya.

Ambil contoh sederhana, Guru, Professor, Bapak, semuanya adalah sebutan untuk seorang guru.

Ada 10 cara memanggil Buddha.

Pertama, Ru Lai. Apa artinya? 就是乘如实之道来成正觉,artinya saya turun dari langit, orang-orang menyebutnya 乘愿再来, setelah sampai ke dunia manusia lalu berjalan di jalan yang benar, ini disebut 乘如实之道, setelah itu sepenuhnya tercerahkan, lalu menjadi Buddha, *Sampai di dunia manusia lalu sepenuhnya mencapai pencerahan sempurna, dan dia menjadi Buddha*

Kedua, disebut Ying Gong 应供, Ini adalah orang yang menerima persembahan dari orang-orang selayaknya manusia yang berasal dari langit.

Ketiga, Zheng Bian Zhi 正遍知, Bagaimana melatih ini? Artinya harus mengetahui bahwa *di dunia manusia saya melatih diri dengan benar, melakukannya dengan benar, mengetahui semua hukum duniawi dan langit,* dan dia jadi Buddha.

Keempat, Ming Xing Zu. Apakah ini? Artinya adalah 宿命明、天眼明、漏尽明.

宿命明 adalah harus mengetahui kondisi keadaan kehidupan selama kamu hidup, misalnya berapa lama umur kamu, bagaimana kondisi kamu, dll. Banyak orang mengatakan 宿命明, adalah saya mengetahui nasib saya, berjalan melewati hidup sesuai nasib.

天眼明 , bisa melihat segalanya, bisa melihat masa depan.

Dan masih ada satu lagi, yaitu 漏尽通, mengetahui berapa banyak kehidupan di masa lalu, mengetahui berapa banyak kehidupan di masa mendatang, yaitu mengetahui masa lalu dan yang akan datang.

Ketiga macam ini disebut dengan Ming Xing Zu, di dunia manusia, *mereka yang memiliki kemampuan ini mengetahui dengan jelas masa lalu dan masa depannya, bahkan seluruh perjalanan yang akan dia lalui, oleh karena itu mereka tidak akan salah jalan, dan mereka berhasil jadi Buddha.*

Sebenarnya ketika San Ming ini harus ditambahi dengan 5 macam yaitu 梵行、天行、婴儿行、病行等.

*Shifu akan menjelaskannya kepada kalian.*

圣行, adalah di dunia manusia, orang ini melakukan perbuatan orang suci.

梵行 adalah di dunia manusia, orang ini melakukan urusan langit. 行 Adalah semua hal segala perbuatan yang dia lakukan sama dengan di atas langit.

婴儿行, apa yang dimaksud dengan ini? 婴儿 adalah anak kecil, Shifu bertanya kepada kalian, mengapa anak kecil berhati baik? “Awalnya setiap manusia berhati baik”, semua anak kecil berhati baik, maka dari itu Di Dunia manusia harus melakukan sesuatu seperti 婴儿行 (anak kecil).

Apa artinya 病行? Setelah jatuh sakit, barulah kamu merasakan penderitaan, banyak orang yang tercerahkan setelah kesehatannya menurun. Segala penyakit seperti, penyakit otak, penyakit mental, penyakit jasmani, semuanya disebut 病行.

Sebenaenya, jika kalian bisa memahami semua ini, bahkan jika bisa sampai melakukannya, maka kamu adalah Bodhisattva 明行足, yaitu seorang Buddha.

Kelima, Shan Shi. Apa artinya Shan Shi? Artinya adalah sangat sangat baik hati. Sebenarnya ini disebut melakukan perbuatan dengan baik dan benar, bisa mencapai nirvana. Yaitu 自生自洁,自安自保 (Peribahasa yang berarti, seumur hidupnya murni bersih dan bisa melindungi diri sendirinya dengan baik) , kemudian dia bisa mencapai Nirvana, seumur hidupnya bersih dan suci dan parinibbana.

*Orang yang hatinya baik, lalu ketika mereka meninggal, mereka akan menjadi Buddha, disebutnya dengan Disaat tua tidak ada penyakit, tidak ada bencana, tidak ada rintangan lalu meninggal,* ini disebut Shan Shi

Keenam, Shi Jian Jie. Yaitu *bisa memahami sepenuhnya semua tentang teori dan prakteknya, bagaimana memahami dengan baik dan benar atas segala sesuatu yang terjadi di dunia ini,* ini lah yang disebut Shi Jian Jie

Ketujuh, Wu Shang Tu. Adalah naik ke tingkat yang tertinggi, yaitu sudah mencapai pencerahan sempurna, dan menjadi Buddha, bisa dari satu macam ini lalu berhasil menjadi Buddha.

Kedelapan, Tiao Yu Zhang Fu. Kata Zhang Fu disini bukan suami yang dari bahasa duniawi suami istri, arti dari kata “Zhang Fu” ini adalah seorang suami besar yang menyesuaikan pelatihan diri dengan cara yang benar.

Yang dengan kata lain, kamu bisa menolong orang lain, maka orang ini adalah seorang suami yang besar, orang ini sudah melakukan perbuatan baik, lalu kamu membantu menyesuaikannya.

“Tiao Yu” disini artinya adalah mendidik dia, bisa membuat dia berjalan di Triratna. *Misalnya seorang Philantropis, usahanya sangat besar, kaya raya, tetapi dia tidak mengerti ajaran Dharma, jika kamu bisa berhasil melintas dia, maka kamu berhasil menjadi Buddha, disebut dengan “Tiao Yu Zhang Fu”, yaitu seorang suami besar yang bisa membantunya menyesuaikan ke jalan sesuai Triratna.*

Apa yang dimaksud dengan melatih diri di jalan benar? Tidak melakukan segala perbuatan jahat dan hanya melakukan perbuatan baik, tidak menyimpang.

Sebenarnya, ada beberapa orang yang kaya raya, dengan mudah bisa melakukan perbuatan baik, juga mudah melakukan perbuatan jahat, karena orang kaya raya yang tidak melatih diri dengan baik, malah akan melakukan karma besar, karma buruk, jika kamu berhasil melintasi mereka ke jalan yang benar, maka ini adalah pahala besar, bisa menjadi Buddha.

Contohnya, Ada seseorang yang memiliki kekuasaan besar tentang perekonomian dunia, jika kamu berhasil membuatnya tercerahkan, maka kamu menjadi Buddha, karena kamu memiliki kekuatan yang besar, inilah yang disebut Tiao Yu Zhang Fu.

Kesembilan, Tian Ren Shi. Artinya adalah seorang Guru duniawi yang berasal dari atas langit, Seorang mentor surgawi, oranh ini sudah menjadi Buddha, 号称佛, adalah Buddha seperti ini.

Kesepuluh, Buddha. Buddha adalah Mencerahkan dirinya sendiri, mencerahkan orang lain, setelah saya sudah mengerti barulah saya bisa membuat orang lain paham, orang ini adalah orang yang telah mencapai pencerahan sempurna.

Sekarang kalian membaca paritta 《Li Fo Da Chan Hui Wen》 di bagian Na Mo Ru Lai, Ying Gong, Zheng Bian Zhi, Ming Xing Zu, Shan Jie, Shi Jian Jie, Wu Shang Shi, Tiao Yu Zhang Fu, Tian Ren Sho, Fo, Shi Zun”

Sekarang Shifu sudah menjelaskan artinya kepada kalian, maka perasaan kalian akan berbeda ketika membacanya.

*Sebenarnya semua ini adalah cara bagaimana menjadi Buddha.*

 

42.十大佛号的释解

接下来跟大家讲一些很精彩的佛学知识。师父想问你们,什么叫佛?佛有多少种?当然师父不会叫你们回答,就是给你们先提两个问题,然后师父来回答。

 

佛的第一个意思叫觉者,觉悟的人就是佛。很多人搞不清楚,他说“佛”是佛,那么“如来佛”是谁啊?所以师父今天要让你们脑子好好地搞清楚。佛是觉者,对不对?那么“如来”是什么呢?实际上,佛又称为“如来”,叫“如来佛”就是“佛”。好比教授和高级讲师,副教授就是高级讲师,只是职称、名称不同而已。你们在《礼佛大忏悔文》中每天都念“南无如来、应供、正遍知、明行足、善逝、世间解、无上士、调御丈夫、天人师、佛、世尊”,这是什么意思呢?今天师父要讲这些佛理给你们听,师父一个一个告诉你们。

 

首先,师父告诉大家,人类心灵道德的进步和觉悟就是佛教。用现代话讲,佛教就是教育人类的心灵,培育你的道德,让你变得很进步,让你在社会上变得越来越觉悟。第二,学佛人为什么学佛?就是要从悉达多太子所悟出的道理当中,看透生命和宇宙的真相,就是要知道这个世界生命和宇宙最终超越生和死,断尽一切烦恼,得到彻底的解脱,这就是学佛。大家知道,悉达多太子就是我们的佛陀,为什么要说佛陀的这个名字呢?因为佛陀也是从悉达多太子开始来开悟成佛的。

佛是什么?佛就是超越生死的苦难,断尽一切烦恼,得到究竟解脱。解脱就解脱了,为什么要加个“究竟”呢?举个简单例子,想通就想通了,彻底想通,这个“彻底”就是究竟。“究竟解脱”就是,我彻底解脱了,我放下了,我无所谓了,你们怎么样对我,我都无所谓了。我想通了,我不要名,我也不要利,我就这样了,你能拿我怎么样?我不要了,你别跟我打官司了,你爱拿什么就拿去,离婚了我什么都不要,你要房子你拿去,你要钱你拿去,我解脱了,我什么都没有了,我开心了。好了,你彻底解脱了。佛陀为什么说每个人都能成佛?因为佛陀说每个人都有佛性,佛性是内在的,所以每个人都能通过修行成佛。所以“佛”与“如来”一样,“佛”就是“如来”。佛说,你们每个人都有本性,跟原来一样,“如来”翻译过来就是一样,所以说“佛”就是“如来”。

 

接下来告诉你们,“如来”实际上是佛的称号之一,你可以叫“佛”,也可以叫“如来”,很多人索性把“佛”和“如来”一起叫,叫“如来佛”。那么“释迦牟尼佛”又可以称“释迦牟尼如来佛”,“释迦牟尼佛”是佛陀,他的形象在那里,但是他的称谓是“佛”和“如来”。你们知道观世音菩萨有一个叫“如来”的称谓吗?叫“正法明如来”。

 

那么,同样一个佛,就是这个“佛”,你们知道“佛”在天上本来有多少个名号吗?每一尊佛有一万个名字,因为众生记不住,后来变成一千个,还是记不住,又变成一百个,最后众生还是记不住这么多的佛号,就是称谓,佛菩萨是随顺众生的,佛就说了,那就十个吧。所以,佛号一共有十个。实际上,佛号就是我们每一尊佛的通号,大家都可以叫。举个简单例子,老师、教师、先生,全部都是老师。

 

佛有十种叫法。

 

第一,叫如来。如来是什么意思呢?就是乘如实之道来成正觉,就是我从天上下来,人家说乘愿再来,到人间之后证的道叫乘如实之道,乘如实之道来成正觉,就是成佛了,到了人间来成无上正等正觉,就是成佛了。

 

第二,叫应供。应供实际上就是应当受人天的供养。

 

第三,叫正遍知。正遍知是怎么修的呢?就是应知在人间我正修、正行,遍知人间天上一切法,成佛了。

 

第四,叫明行足。明行足是什么呢?就是宿命明、天眼明、漏尽明。宿命明就是自己知道自己一生的情况,比如命有多长,我自己怎么样等。很多人说宿命论,就是说我知道自己的命,就跟着自己的命跑了。天眼明看得到一切,看得到未来。还有一个叫漏尽明,知前世多世,知后面多世,就是说知道过去和未来。过去叫宿命通、天眼通、漏尽通。这三明就是我们说的明行足,他们在人间完全明白前生后世,以及自己所走的所有的路,所以他们不会走错路,他们成佛了。

 

实际上,这三明与圣行、梵行、天行、婴儿行、病行等五行悉皆具足,师父要给你们解释一下。圣行就是在人间做圣人的行为。梵行就是在人间行天上的事。行就是所有做的事情要跟在天上是一样的。婴儿行是什么意思呢?婴儿就是指小孩子,师父问你们,过去的小孩子为什么这么善良啊?“人之初,性本善”,小孩子的良心都很善良,所以在人间要做婴儿行。病行是什么意思啊?生病了之后,你开始行苦了,就是开始吃苦头了,很多人的觉悟是从自己身体不好了开始的。凡是生病,包括脑子生病、心理疾病,还有身体上生病,都是病行。实际上,如果你能够明白这些,并且你能够做到,你就是明行足菩萨,就是佛了。

 

第五,叫善逝。善逝是什么意思?就是非常善良地逝世。实际上叫做好去,证入涅槃。也就是说自生自洁,自安自保,然后证入涅槃,一生干干净净成佛涅槃。很多人善良地走掉了,就是成佛了,人家说晚年无病、无灾、无劫死了,叫善逝。

 

第六,叫世间解。就是能了解世间一切事和理,对世界上的一切东西都了如指掌,这个就叫世间解。

 

第七,叫无上士。无上士就是至高无上,就是已经到了无上正等正觉,成佛了,是这种方面成佛的。

 

第八,叫调御丈夫。这个“丈夫”并不是人间说的夫妻的丈夫,这个“丈夫”是什么意思呢?就是能调御修正道的大丈夫。也就是说,你能够帮助别人,这个人是一个大丈夫,这个人已经在做善事了,你去帮助他调御。“调御”的意思就是教育他,能够让他皈依正道。比方说这是个大慈善家,生意做得很大,很有钱,但是他不懂佛法,如果你能够去把他度过来,你这种人成佛了,就叫“调御丈夫”,就是说能调御修正道的大丈夫。修正道是什么?诸恶不作、众善奉行就是修正道,没有走偏道。实际上,有些有钱的人,他们很容易做好事,也很容易做坏事,因为有钱的人不好好修,就会造大业、造恶业,如果你能够把他度过来,你这个人是大功德,可以成佛的。举个简单例子,比方说有一个人能够在世界上控制很强大的经济情况,如果你能去把他说通了,比方说比尔·盖茨,你们现在如果谁去把他说通了,让他学佛,你就成佛了,因为你有大能量啊,这个叫调御丈夫。

 

第九,叫天人师。天人师是什么呢?就是天上人间的老师,一切天人的导师,这个人成佛了,号称佛,是这种佛。

 

第十个就是佛。佛就是自觉、觉他,我自己明白了,我也能够让别人明白,这个人觉行圆满。

 

你们在《礼佛大忏悔文》中天天念“南无如来、应供、正遍知、明行足、善逝、世间解、无上士、调御丈夫、天人师、佛、世尊”,师父现在把意思讲给你们听,你们再念起来就不一样了。实际上,这全部都是怎么样成佛的方法。