*Kutipan BHFF 4, Bab 21*

Semua mengatakan hidup itu diibaratkan seperti spons, jika kamu tidak memerasnya maka air di dalam spons selamanya tidak akan keluar; Jika kamu memerasnya, maka air baru akan keluar. Dan Waktu sama seperti spons yang harus diperas.

Kamu sibuk, orang lain pun sibuk.

Orang lain menyisihkan waktu untuk membaca paritta, dan keluarga orang itu sejahtera dan damai;

Kamu tidak membaca paritta, maka keluarga kamu tidak sejahtera dan damai.

Orang lain jam 4 subuh sudah bangun untuk membaca paritta, sedangkan kamu sibuk seharian, tidak membaca paritta, apa yang bisa kamu dapatkan? Kamu tidak akan mendapatkan apapun.

Melewati hidup dengan ketawa sana sini sungguh menyedihkan, dan disaat ajal sudah sampai, kamu tidak akan mendapatkan apapun, di dunia manusia ini, kamu melewati hidup dengan sia-sia, tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Kejadian dimana orang yang akan menemui ajalnya, itu adalah hal yang paling menyedihkan, karena dia berbaring di atas ranjang, tidak tahu kemana dia akan pergi?

Yang menyedihkan adalah dia akan bertanya kepada diri sendiri “Apakah saya benar-benar akan meninggalkan dunia ini?” Sungguh menyedihkan.

Melihat begitu banyak orang yang dikenalinya, melihat begitu banyak orang yang pernah mencintainya, melihat masih banyak harta benda duniawi dan lain-lain sebagainya, dia tak rela, dia tidak bisa melepaskannya.

Tetapi, dalam sekejap dan dalam kondisi tidak berdaya, apapun sudah tidak ada lagi.

Mengapa harus mau mengikuti Shifu dan belajar? Karena yang dipelajari adalah benda yang selamanya.

Apa yang berada di dalam hati mengalahkan segalanya. Kekayaan di dalam hati, mengalahkan seluruh harta benda duniawi;

Kepuasan hati, mengalahkan seluruh kepuasan yang bisa kamu dapatkan di dunia manusia ini.

都说时间像海绵,你不挤它,里面的水永远不会出来;你挤它,它就出水了。时间是靠挤出来的。你忙,大家都忙。别人挤出时间念经了,别人家里就平安了;你不念经,家里就不平安了。人家四点钟就爬起来念经了,而你整天忙得不得了,不念经,你能得到什么呢?你什么都得不到。嘻嘻哈哈过一生很可怜的,等到走的时候什么都得不到,是在无为的困惑当中、烦恼当中度过悲惨的一生。等到人要死的时候是最惨的,因为躺在床上,不知道自己要到哪里去?最惨的是会问自己“我真的要离开人间了吗?”难过呀。看见那么多熟悉的脸,看见那么多爱过自己的人,看见还有那么多物质的东西等等,不舍得呀,离不开呀。但是无奈瞬间什么都没了。为什么要跟着师父学呀?就是要学永久的东西。心中的拥有胜过一切。心中的富有,胜过你生活当中的富有;心中的知足,胜过你在人间得到的任何知足。

白话佛法第四册,21、恢复如来本性,勤修苦炼出离心