*Kutipan Buku BHFF Guang Bo Jiang Zuo 1, Bab 13*

Sebagai manusia harus mengerti untuk bisa menyalahkan diri sendiri, kesalahan yang telah dilakukan harus bisa mengakuinya, karena dengan menyalahkan diri sendiri, kamu baru bisa semakin berkembang.

Jika kamu tidak bisa menyalahkan diri sendiri, itu berarti kamu masih belum memahami kesalahan yang telah kamu lakukan. Maka dari itu, kami sering mengatakan yang dilatih adalah diri sendiri, baru mengajarkan orang lain.

Hanya dengan membina diri sendiri dengan baik, baru memiliki hak dan kemampuan untuk mengajarkan orang lain.

Sebagai Praktisi Buddhis, harus bisa untuk mengakui kesalahan dan merasa malu. Ketika seseorang sering merasa malu dan tidak enak hati, baru lah dia bisa berkembang dan terus berjalan maju ke depan.

Ketika seseorang dijahati dan dikerjai oleh orang lain, dia harus bisa berpikir bahwa dia sedang mengikis karma buruknya.

Harus bisa belajar untuk memahami perbuatan buruk dan jahat yang orang lain perbuat kepada kamu, anggap semua perbuatan buruk itu sebagai Jodoh Naik untuk kamu membina diri.

Seseorang harus berpikir untuk terus mengembangkan diri sendiri, yaitu dengan terus belajar.

Apa yang dipelajari?

Belajar Tingkat pembinaan seorang Bodhisattva, karena seiring tingkat pembinaan dia meningkat, dia semakin bisa melihat jauh depan, berpikiran terbuka.

Seperti contoh, disaat kita berdiri diatas lereng bukit kecil, pandangan kita akan terhalang oleh gedung-gedung tinggi. Tetapi jika kamu berada di atas puncah gunung, maka pandangan kamu hanyalah cahaya terang dan langit kosong.

Perasaan kamu berjalan beriringan dengan tingkat pembinaan, ini lah yang disebut dengan Seorang praktisi Buddhis yang membina diri.

做人要懂得自责,自己做错了,要能够责备自己,因为责备自己,自己才能够进步啊。如果你不能够责备自己,说明你对自己所做的错事还没有一个认识。所以我们要经常自己修自己,然后再教家人。我们只有自己修好了,才有权利和能力去教诲家人啊。

学佛之人,要懂得自责,要经常生惭愧之心,要想到我很惭愧。当一个人经常感到自己很惭愧的时候,他才能够进步啊,他才能够永远地向前进。当一个人被人诬陷的时候,当一个人被人欺负的时候,这个人要懂得这是在消自己的孽障啊。要学会把别人任何对你的不好都看成是你修心的增上缘。一个人要想进步,就必须学。学什么呢?就是学菩萨的境界,因为当一个人的境界提高了,他才能够看得远、想得开,犹如我们站在一个小山坡上,你的视线还会被前面的高楼大厦所阻挡,只有当你站在更高的山峰上的时候,你的眼前才会是一片的光明,你的眼前才会是一片的空白。你的心情随着你的境界在走,这才是学佛修心之人啊。

https://xlch.org/category/book/fofa/guangbo1/391.html?t=1586849598157