*Master:* Sudah seringkali saya jelaskan ini kepada kalian semua:

Sebaik apapun yang kalian miliki di duniawi ini, semua itu adalah palsu, semua keduniawian itu tidak ada gunanya, karena pada akhirnya, tidak ada satupun yang bisa kalian bawa.

*Ingat baik-baik pesan Shifu ini:*
Jangan lagi terlalu banyak mengurusi hal-hal keduniawian, tetapi, lihat siapa yang bisa berhasil membina diri hingga naik ke atas langit.

Jika kamu memang memiliki kemampuan dan ketrampilan yang baik, bina diri kamu sendiri hingga berhasil ke atas sana.

Dan itu artinya, kamu telah benar-benar berhasil membina diri.

Jadi, walaupun ada begitu banyak manusia yang menghormati kamu, tetapi, jika masih tidak bisa membina pikiran dengan baik, kamu tetap tidak akan bisa naik!

*Telp:* Benar. Setiap saat, saya selalu mengingat pesan Shifu: “Sebaik apapun kehidupan kamu di duniawi ini, walaupun ada begitu banyak orang yang menghadiri acara kematian kamu, tetapi, kamu tetap saja turun ke dunia alam bawah sana;

Sebaliknya, Jika kamu membina diri di duniawi, walaupun tidak ada satupun orang yang mengantarkan kepergian kamu, pada akhirnya kamu tetap bis balik ke sebelah Pu Sa, dan ini adalah hasil terbaik dari pembinaan diri.



 

Wenda20190426 46:58
*Ingat, kamu adalah seorang manusia dan bukan binatang.*

Hanya binatang yang tidak bisa merubah semua sifat buruknya, tetapi, sebagai seorang manusia, kamu harus bisa berubah semua sifat dan perilaku buruk.

*Mengapa kamu tidak mau mengubah diri kamu sendiri?*

Saya perlu mengatakan apa kelemahan kamu untuk menyadarkan kamu, karena jika saya tidak mengatakan kelemahan kamu, selamanya kamu tidak akan mau merubah diri.

Apa sih gunanya semua benda duniawi yang kamu dapatkan dan perebutkan itu?