Banyak dari kita yang membaca paritta, tetapi selalu ada banyak keluhan dan keraguan, misalnya, mengapa sebelum kita membaca paritta masih lebih baik keadaannya dibandingkan dengan setelah membaca paritta malah bertemu lebih banyak masalah? Mengapa saya sudah membaca paritta masih terkena sakit? Mengapa setelah membaca paritta, Buddha tidak memberkati saya? Dan lain-lain sebagainya.

Karena pandangan mata kita sebagai seorang manusia di dunia ini lebih dangkal, ambigu dan ilusi, melihat Bodhisattva menggunakan pandangan mata duniawi, kita melihat hasil dari sebab dan akibatnya berlawanan, Buddha tidak welas asih.

Seperti semua orang tahu, air yang baru dimasak tidak mungkin akan langsung mendidih, benih yang baru ditanam tidak akan langsung berkecambah.

Setelah membaca paritta, dengan penuh kepecayaan tekad dan tindakan, menggunakan kepercayaan hati dan tekad yang kuat untuk mengawasi tindakan diri sendiri, menggunakan hati membaca paritta untuk melihat dunia, yang terlihat adalah hasil karma dari kepercayaan itu, bertekad untuk mengikis karma, melakukan tindakan Bodhi, hukum sebab akibat adalah benar!

Misalnya ada seorang yang belum memeriksakan kesehatannya ke dokter, dia tidak pernah merasakan dirinya sakit, setelah pergi ke dokter, memeriksa kesehatan dan memberitahu dia seluruh badan dia ada penyakit, apakah kamu bisa berkata adalah dokter yang memberikan seluruh badan kamu penyakit?

Maka, yang sebenarnya asli tapi terlihat palsu kamu akan bisa menembus ilusi, sedangkan yang sebenarnya palsu tapi terlihat asli, yang ditakutkan kamu akan kehilangan kebijaksanaan diri sendiri.

Orang jaman sekarang mengejar ilusi, mengejar kepalsuan, membingungkan semua makhluk hidup. Selama kamu ada keserakahan hati, maka kamu akan kebingungan. Seperti kebanyakan dari kita yang ketika menerima telp dan berkata “Kamu memenangkan hadiah lotere senilai beberapa puluh juta”, kemudian harus mengeluarkan uang untuk membayar pajak, maka kamu sudah tertipu.

Australia.Brisbane180617

📿我们很多人念佛,但是总有很多抱怨和疑惑,比如,为什么我没有念经之前还可以,念了佛反而遭遇到很多麻烦?为什么我拜了佛还生病?为什么我念佛了,佛没有保佑我?等等。

因为我们世人的眼睛比较浅、渺、虚,以世间之眼看菩萨,看到的是因果相背,佛不慈悲。殊不知刚烧的水不可能马上就开,刚栽下的种子不可能马上发芽。念佛之后,信愿行,以信心和愿力来督促自己的行为,以念佛之心看世间,看到的是信必果,愿消业,行菩提,因果丝毫不爽啊!

犹如一个人没有去看医生检查身体之前,他不认为自己有病,一旦看了医生,检查后告诉他浑身是病,难道你能说是医生给了你浑身的病痛吗?所以,以实看虚可以看破虚妄,以虚看实,恐怕你就要失去大智大慧。现代人追逐虚妄,追逐假象,迷惑众生。只要你有贪心,你就会迷惑。就像现在我们很多人接到电话说“你中了几百万的彩”,然后就付出税金,你就被骗了。

—澳大利亚·布里斯本180617