Tanya: Setelah menanam sebab buruk, kemudian menanam sebab baik apakah bisa menghapuskan sebab buruk?

Atau setelah menanam sebab baik hanya bisa menghapus balasan karma buruk yang disebabkan oleh sebab buruk saja?

Master: Shifu suka memberikan contoh, hari ini kamu mencuri barang orang lain, kemudian kamu memberikan barang yang sama seperti yang kamu curi ke tetangga, apakah sebab karma karena kamu telah mencuri itu masih ada? Apakah bisa menghapusnya?

Hari ini kamu menghabiskan uang untuk membeli tongkat kepada ibu tua yang kakinya sakit, tetapi kamu mencuri sesuatu barang dari tetangga, apakah perbuatan baik kamu bisa menghapuskan perbuatan buruk kamu?

Setelah melakukan perbuatan baik, setelah menanam karma baik, sebab buruk itu bisa menjadi kecil sedikit, tetapi sebab buruk itu masih akan timbul, karena Bodhisattva tidak bisa merubah hukum sebab akibat, kamu masih akan mendapatkan balasannya, tetapi karena kamu telah melakukan perbuatan baik, Pelindung Dharma akan melindungi kamu, oleh sebab itu balasan akan menjadi kecil sedikit. Jadi yang kedua sudah didirikan.

问:种恶因后,再种善因能否去除恶因?还是再种善因只能去除恶因带来的恶果而已?
答:师父喜欢举例子,今天你偷了别人的东西,你再去隔壁邻居家里送一样东西,你偷东西的因还在吗?能去除吗?你今天花钱买了个拐棍照顾一个腿不好的老妈妈,但是你偷了另一个邻居家里的东西,这个好事可以抵消你做的坏事吗?做了好事,种了善因之后,恶因会小一点,但恶因还会来,因为菩萨不动因果,你还是会有果报,但是因为你做了好事,护法神会保护你,所以报应会小一点。所以第二个是成立的。

Master Jun Hong Lu menjawab surat pertanyaan keraguan (292)

http://lujunhong2or.com/卢台长开示解答来信疑惑(二百九十二)/